Punya Cadangan 8.000 Ton, Mengapa Dolar AS Tidak Didukung dengan Emas?

Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:29 WIB
loading...
A A A
Untuk mendukung penuh jumlah uang beredar di AS dengan emas pada harga pasar saat ini, dibutuhkan sekitar 272.430 metrik ton logam mulia. Perkiraan ini didasarkan pada jumlah uang beredar M2 AS sebesar USD20,84 triliun dan harga emas USD2.378,41 per troy ons.

Dengan membagi jumlah uang beredar dengan harga emas, kita akan menemukan bahwa untuk mengubah uang fiat menjadi standar emas dibutuhkan sekitar 8,76 miliar troy ons emas. Ketika dikonversi ke metrik ton, volume yang dibutuhkan menjadi jelas, secara signifikan melebihi jumlah total emas yang pernah ditambang.

"Menerapkan pergeseran kebijakan moneter seperti itu akan memberikan tantangan yang signifikan bagi bank sentral dan berdampak besar pada pasar mata uang global dan nilai tukar," tulis Direktur Pengembangan Bisnis di Jaringan Informasi Emas, Ron Dewitt, yang di publikasikan di Linkedin, dikutip, Selasa (1/10/2024).

Baca Juga: Mata Uang BRICS Ancam Dominasi Dolar AS dalam Perdagangan Minyak dan Perbankan Global

Mengingat besarnya jumlah uang beredar di AS, cadangan emas AS tidak akan cukup untuk mendukung sepenuhnya. AS memiliki cadangan emas sebanyak 8.133,46 ton, yang hanya sekitar 3,8% dari total pasokan emas global sekitar 212.582 ton.

Dengan mempertimbangkan rasio cadangan emas terhadap uang, nilai total cadangan emas AS adalah sekitar USD489 miliar, sedangkan kapitalisasi pasar semua emas diperkirakan antara USD12 hingga USD19 triliun.

Hal ini menyoroti perbedaan yang signifikan antara nilai cadangan emas AS dan jumlah yang dibutuhkan untuk mendukung seluruh pasokan dolar AS.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0838 seconds (0.1#10.140)