Wamenkeu Pastikan Pencairan Belanja Negara Berjalan Optimal di Akhir Tahun

Jum'at, 20 Desember 2019 - 21:50 WIB
Wamenkeu Pastikan Pencairan Belanja Negara Berjalan Optimal di Akhir Tahun
Wamenkeu Pastikan Pencairan Belanja Negara Berjalan Optimal di Akhir Tahun
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara melakukan kunjungan ke kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta V di daerah Jakarta Selatan. Kunjungan kerja ini untuk memastikan pelayanan di kantor pelayanan perbendaharaan berjalan dengan baik serta memantau serapan belanja negara.

“Pelayanan anggaran tahun ini khususnya penyerapan anggaran yang dilakukan satker, K/L ada tren membaik. Sampai 30 November 2019, jumlah serapan seluruh K/L mencapai 84 persen. Di akhir bulan November adalah angka yang paling tinggi dalam 5 tahun terakhir," ujar Wamenkeu Suahasil di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Lebih lanjut Ia menerangkan, bakal melihat secara intensif pelaksanaan, langkah-langkah akhir tahun dari pelaksanaan APBN khususnya pencairan anggaran APBN 2019 yang Rp 2.461 triliun. Hal itu karana harus dilaksanakan sebaik-baiknya, dimana pencairan dipastikan olehnya akan tepat waktu serta tepat prosedur.

KPPN di seluruh Indonesia melayani 23.391 satuan kerja dari seluruh kementerian atau lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda) yang ada di seluruh Indonesia. Di awal tahun 2019, DJPb (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) menerbitkan kebijakan Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran tahun 2019 sebagai panduan bagi Satker dalam memulai eksekusi belanjanya.

Selanjutnya ditetapkan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dalam kerangka monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan anggaran secara terus menerus di sepanjang tahun. Kemudian, di akhir tahun kembali diterbitkan kebijakan Langkah-Langkah Akhir Tahun (LLAT) 2019 untuk menjamin kelancaran pelaksanaan proses penerimaan dan pembayaran di akhir tahun dan mencegah penumpukan tagihan di akhir tahun anggaran.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5432 seconds (0.1#10.140)