Jagat Hiburan Terkoyak Pandemi

Sabtu, 05 September 2020 - 08:41 WIB
loading...
A A A
Sekarang, pandemi virus corona kembali membawa tren bioskop drive-in untuk menjawab masalah dari industri film. Indonesia mulai merencanakan untuk membuat bioskop drive-in yang akan diselenggarakan oleh Ergo and Co. Meskipun belum terealisasi hingga sekarang, namun bioskop drive-in sudah dilakukan oleh Meikarta walaupun masih terkendala perizinan hak siar dari produser film.

#3. Virtual Concert

Industri pertunjukan, khususnya konser musik merupakan industri yang paling keras dihantam oleh wabah Covid-19. Pada masa pandemi ini, sementara tidak ada lagi konser musik massal di stadion atau concert hall dengan ribuan pengunjung. Banyak konser harus dibatalkan akibat pemberlakuan PSBB dan para penyelenggara mengalami kerugian.

Perubahan perilaku ini terjadi karena masyarakat akan melakukan self distancing dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang melibatkan kerumunan massa. Pascawabah Covid-19, digital experience dalam bentuk virtual concert bakal menjadi kenormalan baru di industri musik. Masyarakat lebih memilih menonton konser secara virtual ketimbang fisik karena alasan keamanan. Dengan pengalaman yang berbeda, setelah wabah usai virtual concert akan menjadi kenormalan baru di industri entertainment. (Baca juga: Jeli, Cara Selebriti Manfaatkan TikTok untuk Publikasi)

#4. Reborn of Console Gaming. The Rise of E-Sport

Minat console gaming meningkat drastis di Indonesia selama masa pandemi. Penerapan PSBB atau social distancing membuat masyarakat Indonesia mengalami kebosanan dan salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan terjun ke dunia gaming.

Hal ini akhirnya membuat pencarian console gaming di Indonesia meningkat drastis. Selain itu, e-sport juga memetik keuntungan tersendiri di tengah masa pandemi corona. E-sport kini menjadi pilihan utama setelah banyak yang tidak bisa melihat pertandingan olahraga seperti sepak bola dari televisi atau langsung ke stadion. Ditambah lagi sejumlah atlet terbaik dari sepak bola, basket, hingga pembalap profesional bermain e-sport sebagai hiburan.

Sejumlah platform untuk menyaksikan e-sport seperti Facebook Gaming, YouTube, dan Twitch juga mengalami lonjakan penonton online. Karena hal itu, sejumlah televisi juga mulai melirik untuk menayangkan e-sport. Sejauh ini baru ESPN dan Fox Sports yang mulai menyiarkan e-sport dalam tayangan mereka.

#5. Return of TV Viewership

Dalam buku Milenial Kills Everything(2019) kami mengatakan bahwa milenial telah membunuh televisi. Tapi, Covid-19 telah menghidupkannya kembali, khususnya smart TV. TV Strikes back!!!Adanya pembatasan sosial mengakibatkan aktivitas stay @ home meningkat. Dampaknya, terdapat pergeseran konsumsi media, di mana salah satu yang paling dominan adalah televisi. (Lihat videonya: Pekerja Diduga Lalai Dua Bangunan Ruko Roboh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)