Mendorong Perusahaan Rintisan Masuk Bursa

Rabu, 16 September 2020 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Harus bisa belajar untuk merangkul atau sinergi dengan semua institusi. Startup lokal masih sangat muda, kita masih banyak belajar dengan industri-industri yang mungkin jauh lebih senior. Jangan besar kepala. Ini juga penting untuk saling mengingatkan.

Industri harus saling berkembang dan kerja sama dengan semua. Kalau kita bersatu, pasti akan semakin kuat. Pasar makin berkembang karena konversi dari offline ke online makin besar. Jadi, tidak usah saling rebutan. Berkompetisi yang baik dan sehat. (Baca juga: Jakarta Berlakukan Lagi PSBB, Persija Pindah Tempat Latihan)

Ditunjuk menjadi sosok muda dalam jajaran Komisaris BEI, rencana apa yang akan Anda lakukan untuk pasar modal Indonesia?

Ini sebenarnya mimpi. Karena ayah saya (Begawan ekonomi DR Sjahrir) memulai dari pasar modal. Saya banyak belajar dari beliau. Bisa dibilang banyak sekali asas-asas free market atau pasar modal yang diajarkan ke saya. Makanya, waktu ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemegang saham untuk menjadi komisaris, menurut saya, ini seperti tantangan yang sangat besar. Kenapa? Karena, kita memasuki era baru, era kompetisi baru.

Kalau kita lihat 12 bulan terakhir tahun 2008 saat krisis dan sekarang, top ten market cap di Amerika tidak ada satu pun perusahaan teknologi top ten companies. Perusahaan oil and gas yang menguasai.

Sekarang, kita bisa lihat, perusahaan teknologi yang menguasai top ten market cap. Kalau di Indonesia, tetap sama kan? Tidak ada perubahan. Kok nggak ada perubahan? Karena, kita belum capture the large company. Kalau kita bisa mendorong semua industri e-commerce ke pasar modal, saya optimistis bisa tembus top ten large company.

Padahal, dari sisi investor, ini menarik. Sejak Covid-19, jumlah investor ritel yang masuk ke bursa naiknya luar biasa. Sekarang, kita sudah tembus 3 juta investor. Sebelumnya hanya 1 juta investor saja.

Dan, anak muda sekarang mikir lebih baik investasi di saham. Bursa itu harus beralih, bagaimana memastikan untuk mengedukasi secara benar. Kalau investasi di teknologi, orang selalu forward looking bukan back looking.

Bagaimana peran industri startup dalam memulihkan perekonomian Indonesia saat ini?

Industri startup tidak terlepas dengan bisnis UMKM. Setidaknya sinergi keduanya akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi. UMKM berbasis e-commerce ini juga memberikan data base. Ini juga memudahkan bagi pemerintah. (Lihat videonya: Marion Jola Bikin Heboh karena Bra, Gisella Menyesal Bercerai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3972 seconds (0.1#10.140)