BRIsyariah Lakukan Inovasi agar UMKM Bisa Naik Kelas

Jum'at, 25 September 2020 - 10:04 WIB
loading...
BRIsyariah Lakukan Inovasi agar UMKM Bisa Naik Kelas
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus didorong untuk menggunakan teknologi digital agar mampu bertahan pada masa pandemi Covid-19 . Transformasi digital UMKM juga diharapkan dapat membantu Indonesia dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi, sekaligus menghadapi pasar global.

Berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 70% UMKM tidak bisa bertahan pasca-pandemi dan sisanya mampu bertahan karena menggunakan teknologi digital. Padahal, 98% ekonomi nasional berasal dari UMKM. Selain itu UMKM juga berkontribusi terhadap 60% produk domestik bruto (PDB) dan mampu menyerap tenaga kerja nasional sebesar 117 juta atau 97% dari total tenaga kerja. ( Baca juga:Mata Uang Garuda Diramal Bertenaga Seiring Penguatan Bursa Saham Asia )

Atas dasar itu, PT Bank BRIsyariah Tbk terus melakukan inovasi agar UMKM mudah mengkases permodalan dan bisa naik kelas, terutama melalui sisi pembiayaan dan teknologi digital. Digitalisasi pembiayaan mampu menjadi pendorong pertumbuhan pembiayaan pada sektor UMKM.

“BRIsyariah berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan pihak lainnya untuk bersama membantu meningkatkan digitalisasi pembiayaan kepada UMKM agar dapat memberikan manfaat bagi Indonesia. Digitalisasi UMKM terbukti sudah mampu menjadi penyelamat usaha di masa pandemi,” ujar Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah Fidri Arnaldy di Jakarta, Jumat (25/9/2020). ( Baca juga:Dilema Kampanye Pilkada di Tengah Pagebluk Covid-19 )

Beberapa inisiatif digitalisasi yang dilakukan BRIsyariah untuk membantu perkembangan UMKM adalah melalui Salam Digital dan i-Kurma. Salam Digital BRIsyariah adalah portal pengajuan pembiayaan yang mempermudah akses permohonan nasabah secara cepat dan sesuai prinsip syariah. Produk yang ditawarkan dalam portal tersebut bukan hanya untuk UMKM seperti produk KUR dan Mikro Faedah, tetapi juga termasuk kepemilikan rumah (Griya Faedah), Multi Faedah, hingga Purna/Pra Purna untuk PNS aktif dan pensiunan PNS.

“Salam Digital BRIsyariah merupakan bentuk digitalisasi pembiayaan sebagai pendorong pertumbuhan pembiayaan pada sektor UMKM. Salam Digital dapat diakses melalui www.salamdigital.brisyariah.co.id untuk mendapat fasilitas pembiayaan lebih mudah dan cepat. Jika sesuai aturan, pada hari yang sama dana bisa cair,” turup Fidri.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)