Menko Airlangga: Momen Pilkada Bisa Dongkrak Ekonomi Indonesia

Sabtu, 26 September 2020 - 09:45 WIB
loading...
Menko Airlangga: Momen Pilkada Bisa Dongkrak Ekonomi Indonesia
Simulasi Pilkada. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) kembali membahas dan memutuskan isu-isu strategis dari masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L) terkait percepatan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Salah satunya, kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di akhir 2020 nanti. Koordinasi dengan semua pemangku kepentingan secara nasional diperlukan agar penyelenggaraan pesta demokrasi berlangsung aman dan menjaga kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggarisbawahi Pilkada justru merupakan momentum emas untuk mengoptimalkan peran Pemerintah Daerah dalam penanganan Covid-19 dan mengatasi dampak ekonomi dan sosial. (Baca juga: Soal Impor Vaksin Covid dari China, Airlangga: Itu Tanggung Jawab Terawan )

“Tadi Mendagri (Menteri Dalam Negeri) menghimbau agar kampanye yang dilakukan oleh bakal Calon Kepala Daerah tetap terkait dengan upaya penanganan Covid-19, dan bagaimana Kepala Daerah menangani pandemi di daerahnya,” ungkap Menko Airlangga, Jumat (25/9/2020).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, ada 7 Menteri yang melaporkan realisasi anggaran program PC-PEN dalam sesi ini. Data Kementerian Ketenagakerjaan mencatat, rekening penerima Bantuan Subsidi Upah yang telah tervalidasi sampai September 2020 mencapai 12,7 juta.

Program PEN Kementerian Sosial juga berjalan dengan baik, yaitu telah terealisasi sebesar Rp91,4 triliun atau 71% dari total anggaran Rp128,2 triliun. Sementara program Dukungan UMKM sudah terealisasi sebesar 64,5% dari pagu atau sebesar Rp22,6 triliun. (Baca juga: Bos OJK: Pelaku UMKM Masih Kesulitan Bayar Utang Bank )

“Kita juga harus mendorong belanja BUMN dan Kementerian/Lembaga (K/L) untuk penyerapan produk UMKM. Selain itu, integrasi program-program K/L untuk mendorong transformasi digital dan agar program UMKM naik kelas juga terus diupayakan,” paparnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)