Airlangga: Respons Penanganan Covid-19 Melalui Lockdown Telah Memicu Resesi Ekonomi Dunia

Senin, 19 Oktober 2020 - 11:09 WIB
loading...
Airlangga: Respons Penanganan Covid-19 Melalui Lockdown Telah Memicu Resesi Ekonomi Dunia
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) menyebabkan tekanan pada seluruh aspek kesehatan dan ekonomi. Bahkan, pandemi Covid-19 menyebabkan ekonomi global mengalami resesi. ( Baca juga:Rp800 Triliun Sudah Digelontorkan untuk Tangani Pandemi Covid-19, Hasilnya? )

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, meskipun pandemi menyebabkan tekanan pada perekonomian, namun kini optimisme dan kepercayaan masyarakat mulai pulih.

"Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah menyebabkan tekanan pada seluruh aspek kesehatan dan ekonomi. Namun demikian optimisme dan kepercayaan masyarakat mulai pulih untuk menggerakkan aktivitas ekonomi," ujarnya dalam acara Opening Ceremony Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020 secara virtual, Senin (19/10/2020).



Menurut Airlangga, optimisme dan kepercayaan yang mulai pulih ini juga perlu tetap dijaga. Khususnya optimisme dan kepercayaan para investor di pasar modal yang berkontribusi besar pada sektor eksternal.

"Optimisme dan kepercayaan yang mulai pulih inilah perlu kita jaga dan ditingkatkan terutama di pasar modal. Capital inflow di pasar modal memiliki kontribusi besar pada sektor eksternal," jelasnya. ( Baca juga:Mahfud MD Teringat Anies Baswedan Muda )

Menurut Airlangga, mulai pulihnya kembali kepercayaan publik atau optimisme masyarakat ini menyusul telah dibukanya kembali aktivitas ekonomi. Setelah sebelumnya beberapa negara melakukan kebijakan lockdown untuk mencegah penularan Covid-19.

"Respons penanganan Covid-19 melalui lockdown telah memicu resesi ekonomi dunia dan menyebabkan gangguan pada kesehatan, pekerjaan, dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)