Bingung Pilih Produk Investasi Saat Resesi? Reksadana Dijamin Hoki

Selasa, 20 Oktober 2020 - 22:16 WIB
loading...
Bingung Pilih Produk Investasi Saat Resesi? Reksadana Dijamin Hoki
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Resesi yang akan menimpa Indonesia pada kuartal III/2020 membuat sejumlah investor pemula kebingungan untuk memilih produk investasi . Di tengah krisis seperti ini, tentu yang menjadi pertimbangan seseorang mengeluarkan uang untuk berinvestasi adalah rasa aman dan nyaman.

Fouder Wealth Tree ID Mattheus Raharja mengatakan satu-satunya produk investasi yang harus dipilih, yaitu reksadana pasar uang. Sebab, di sana seluruh investor tak akan khawatir akan uangnya bakal raib dan susah dicairkan ketika sedang membutuhkan uang tunai.

"Yang paling aman dan nyaman dan liquid bisa memulai dengan salah satu instrumen investasi, yaitu reksadana," kata Mattheus dalam acara Live Instagram MNC Asset Management, Selasa (20/10/2020).

( )

Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah jika menanamkan uang di reksadana, maka jumlahnya pun akan bertambah setiap hari. Sehingga, bisa memilih untuk menabung di bank atau menyimpan fulus di bawah bantal, maka nilainya tak akan pernah bertambah.

"Kalau misalkan yang saya lakukan, kalau pegang uang, itu uangnya enggak bertumbuh. Investasi reksadana pasar uang, sangat liquid dan tidak fluktuatif. Itu bisa dimulai dari Rp10 ribu dan Rp100 ribu. Berapapun dana yang kalian punya tempatkan di reksadana pasar uang," ujarnya.

Dia menjelaskan ihwal keuntungan lainnya dengan cara menanam investasi di reksadana. Misalnya, memilih untuk menabung dengan membuka rekening deposito pun bunganya masih kalah besar dengan produk tersebut.

Sebagai informasi, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

( )

"Karena kalau di deposito atau di tabungan konvensional hanya jadi singular investor, tapi kalau di reksadana itu sebuah wadah yang dikelola oleh manajer investasi yang memang dipercaya dan sudah terdatar dan diawasi oleh OJK. Reksadana bisa sekitar 5% dan bisa diambil dalam waktu manapun. Yang paling keren bertumbuh setiap hari naik dananya. jadi kalau di total per tahun itu sekitar 5%," ujarnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)