Industry Megashifts 2021

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 07:35 WIB
loading...
Industry Megashifts 2021
Managing Partner Inventure Yuswohady
A A A
Yuswohady
Managing Partner Inventure

Di tahun 2021 kita akan menghadapi perubahan peta industri besar, barangkali terbesar dalam sejarah peradaban umat manusia.

Covid-19 telah meluluh-lantakkan sendi-sendi perekonomian, industri, dan bisnis yang memaksa kita memasuki dunia yang sama sekali baru: a whole new world.

Di tahun 2021 kita akan menghadapi pergeseran industri amat dahsyat dan ekstrem, karena itu saya menyebutnya: industry megashifts. (Baca: Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)

Bagaimana peta pergeserannya?

Secara sederhana saya kelompokkan ke dalam 3 bagian besar yaitu pergeseran di tingkat mega (changes), macro (competition), dan micro (customer).

I. Mega: The 7 Forces of Changes

Pergeseran di tingkat mega mencakup perubahan-perubahan besar di bidang teknologi, politik, regulasi, sosial, ekonomi hingga lingkungan. Secara umum ada 7 perubahan besar yang terjadi di tingkat Mega ini.

#1. Covid-19 Propagation & Vaccine Availability

Berbeda dengan perubahan-perubahan industri sebelumnya, di tahun 2021 perubahan industri sangat ditentukan oleh penyebaran virus dan kemampuan pemerintah dalam memproduksi dan mendistribusikan vaksin kepada seluruh warga negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)