Cek di Sini! Cara Mudah Membangun Positive Thinking di Lingkungan Kerja

loading...
Cek di Sini! Cara Mudah Membangun Positive Thinking di Lingkungan Kerja
Tips berpikir positiif di lingkungan kerja. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Tidak terasa, masa pandemi telah berlangsung lebih dari setengah tahun. Berbagai perubahan telah kita alami yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Psikolog, Theresia Ceti Prameswari mengatakan berfikir positif atau bahagia adalah cerminan dari suasana hati dan berdampak kepada perilaku dalam bekerja maupun mencari kerja.

"Bagi kita yang sudah bekerja, sikap yang positif akan berpengaruh terhadap keputusan yang kita ambil dan juga produktivitas saat bekerja. Bagi yang masih mencari kerja, saat sikap kurang positif, proses melamar kerja pun bisa terdampak dan menjadi kurang maksimal. Seseorang mungkin tidak akan menghasilkan CV atau surat lamaran yang terbaik, atau saat wawancara pun mungkin caranya menghadapi user/pewawancara juga akan kurang maksimal," ujar Theresia, Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga: Tips Merawat Diri Agar Anda Tetap Sehat dan Bahagia

Berikut beberapa tips untuk bisa terus bersikap positif dari Theresia Ceti Prameswari Psi. bagi pekerja yang sedang menghadapi kesulitan dalam pekerjaan, maupun yang sedang mencari kerja:

1. Kenali dirimu.



Agar kamu bisa bersikap positif, hal pertama dan paling penting yang harus dilakukan adalah mengenali dirimu dan mengetahui apa yang kamu mau. Banyak orang belum tahu apa yang mereka inginkan dan apa yang dapat membuat mereka bersemangat, dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Untuk membantu kamu bisa bersikap lebih positif dalam hidup, renungkan dan putuskan pekerjaan seperti apa yang benar-benar kamu inginkan dan dapat membuatmu bersemangat," katanya.

Jika diperlukan, jangan enggan meminta bantuan orang lain untuk bisa lebih mengenali dirimu. " Webinar atau online class juga bisa menjadi pilihan yang dapat membantumu menemukan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kenali dirimu, ketahui tujuanmu, dan rasakan hal positif dalam dirimu," bebernya

2. Cari kesenjangan.

Setelah lebih mengenali diri, perhatikan kembali hidup kamu dan cari tahu apakah ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Coba perhatikan apakah yang kamu lakukan sekarang sudah sesuai dengan harapan, atau paling tidak sudah mengarah ke sana. "Sikap kurang positif bisa timbul karena adanya kesenjangan tersebut. Tanyakan kembali dirimu, apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup? Apa yang benar-benar bisa membuat kamu bahagia? Temukan kesenjangan tersebut dan lakukan perubahan," imbuhnya

3. Ambil tindakan:



Setelah mengetahui kesenjangan dan yakin akan sumber kebahagiaan, lakukan apa yang perlu untuk menggapai harapan kamu. Penerapan ide dan usaha mencapai tujuan dapat memberikan semangat yang positif. Jangan sungkan meminta bantuan dan pendapat orang lain dalam mendapatkan ide dan masukan.

Saksikan Video: Tips Aman Berada di Bandara saat Musim Pandemi Covid-19

(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top