Indonesia Engga Sendirian, Kepala BPS: Banyak Negara Alami Resesi

Kamis, 05 November 2020 - 11:54 WIB
loading...
Indonesia Engga Sendirian, Kepala BPS: Banyak Negara Alami Resesi
Kepala Badan Pusat Stastisik (BPS) Suhariyanto menyebutkan, banyak negara mengalami hal serupa dan bagi Indonesia terbilang ada sedikit perbaikan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia resmi mengalami resesi , setelah pertumbuhan ekonomi pada kuartal III tahun 2020 tercatat minus 3,49%. Kepala Badan Pusat Stastisik (BPS) Suhariyanto menyebutkan, banyak negara mengalami hal serupa dan bagi Indonesia terbilang ada sedikit perbaikan.

Suhariyanto menerangkan, hal tersebut mencerminkan adanya perbaikan ekonomi di kuartal III tahun ini setelah kuartal sebelumnya minus 5,05%. Kondisi tersebut diharapkan dapat berlangsung hingga akhir tahun ini.

"Artinya ada perbaikan ekonomi yang cukup signifikan dan ini bisa jadi modal yang bagus untuk melangkah ke kuartal IV 2020," ujar Suhariyanto dalam video virtual, Kamis (5/11/2020).

(Baca Juga: Indonesia Resmi Resesi, BPS: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III/2020 Minus 3,49% )

Selain Indonesia, beberapa negara lain yang juga telah mengalami resesi di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, Australia, Uni Eropa, hingga Hong Kong. "Memang di beberapa negara mengalami kontraksi ekonomi akibat Covid-19," jelasnya.

(Baca Juga: Duh! Resesi Ekonomi RI Memang Nggak Parah, Tapi Lama Sembuhnya )

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meramalkan, bahwa ekonomi Indonesia di kuartal III-2020 akan kembali terkontraksi. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuat Sidang Kabinet Paripurna.

"Kita tahu kemarin di triwulan 2 pertumbuhan ekonomi kita di angka -5,32%. Di kuartal III-2020 ini kita juga mungkin sehari, dua atau tiga hari ini akan diumumkan BPS, juga masih berada di angka minus. Perkiraan kita angkanya -3% naik sedikit," terang Jokowi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2708 seconds (0.1#10.140)