Kiat Bisnis Bagi UKM Ala CISCO, Inovasi Teknologi Agar Selamat dari Pandemi

Jum'at, 06 November 2020 - 21:59 WIB
loading...
A A A
Melalui Cisco Webex misalnya, sebuah platform untuk melakukan rapat, koordinasi hingga kolaborasi secara virtual. Cisco Webex bisa digunakan hanya bermodal perangkat ponsel pintar pabrikan mana saja. Dengan sifatnya yang luwes ini, maka dapat mendukung kegiatan perusahaan besar hingga kecil seperti UKM dan perusahaan rintisan yang umumnya memiliki modal lebih terbatas.

Terlebih, UKM dan perusahaan rintisan memiliki kegiatan yang lebih dinamis sehingga platform Webex sesuai dengan lingkungan bisnis. Melalui platform tersebut rapat bisa dilakukan di mana pun sehingga bisa mendukung aktifitas dimanapun.

2. Jaringan Keamanan Siber yang Kuat

Tentu saja, tidak ada tingkat inovasi bisnis kecil yang berhasil jika tidak aman. Jauh sebelum kasus pertama virus COVID-19 yang dilaporkan, para pelaku UKM mengatakan bahwa keamanan adalah prioritas nomor satu mereka.

Hal ini tidak mengherankan. Hampir 50% dari semua serangan dunia maya ditujukan pada bisnis kecil. Itu lebih dari sekadar pelanggaran data yang dihadapi oleh perusahaan publik, lembaga keuangan, dan organisasi kesehatan yang digabungkan.

Melalui Cisco, memberikan sistem keamanan terbaik selama bisnis beroperasi. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah ketika meeting secara virtual.

Cisco menggunakan metode Oauth (an open standard for access delegation). Artinya bisnis bisa menggunakan Cisco tanpa harus ‘mengorbankan’ privasi para karyawannya ketika mengakses hal-hal terkait pekerjaan.

Selain itu, penerapan secure software development lifecycle (SDLC), soal bagaimana Cisco mengembangkan sebuah produk dengan sistem keamanan terbaik. Jadi, pelaku bisnis atau UKM tidak menaruh curiga mengenai produk-produk dari Cisco.

Tidak kalah penting adalah Cisco juga memberikan produk keamanan dengan transparan. Pasalnya, Cisco memang memiliki pihak ketiga yang mampu mengecek produk keamanan Cisco. Hal tersebut diterapkan sebagai komitmen Cisco untuk bersikap transparan mengenai keamanan dan privasi dalam produk yang dibuatnya.

3. Mengelola Data Bisnis sebagai Aset Berharga
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)