Kisah Penciptaan Rubik, Ternyata Awalnya Bukan untuk Mainan Lho..

Sabtu, 14 November 2020 - 08:20 WIB
loading...
Kisah Penciptaan Rubik, Ternyata Awalnya Bukan untuk Mainan Lho..
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kubus rubik merupakan sebuah permainan teka-teki yang menjadi salah satu mainan paling banyak terjual di dunia. Kubus plastik kecil yang membingungkan itu selalu membuat pemainnya penasaran, sebelum bisa menuntaskannya.

Ternyata rubik pada awalnya diciptakan bukan sebagai mainan. Adalah Erno Rubik dari Hungaria yang pertama kali menemukan kubus ajaib itu. Rubik berhasil menemukan kubus tersebut pada 1974 saat dia berusia 30 tahun.

Melansir Daily Mail, Jumat (13/11/2020), Rubik yang pada saat itu berprofesi sebagai seorang arsitek, pemahat dan profesor arsitektur awalnya menciptakan kubus itu sebagai alat peraga yang digunakan untuk mengajar murid-muridnya, guna memahami objek 3 dimensi.

(Baca Juga: John Terry pun keranjingan rubik)

Tujuan semula diciptakannya kubus itu adalah untuk memecahkan masalah struktural pada sebuah bidang tanpa harus menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Rubik tidak menyangka bahwa alat peraga itu ternyata menjadi mainan favorit di dunia.

Rubik awalnya membuat kubus yang bisa digerakkan dengan konstruksi 2 x 2 x 2, namun saat digunakan karet penghubungnya terus putus. Dengan menjadikannya 3 x 3 x 3 seperti yang kenal saat ini, benda itu menjadi lebih mudah dimainkan tanpa mengubah bentuk awalnya.

( )

Orang pertama yang memecahkan permainan kubus Rubik ternyata Erno Rubik sendiri. Dia berinisiatif membuat setiap sisi kubus memiliki warna yang berbeda, namun uniknya Rubik menolak warna ungu karena dianggap tidak cukup maskulin.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)