RI Ingin Jadi Negara Maju? Langkahi Dulu Syaratnya..

loading...
RI Ingin Jadi Negara Maju? Langkahi Dulu Syaratnya..
Ilustrasi bendera merah putih. FOTO/SUTIKNO
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan prasyarat Indonesia agar tidak terjebak dalam middle income trap sehingga mampu menjadi negara maju sebagai high income country.

“Kita tahu bahwa negara Indonesia didirikan oleh para pendiri bangsa dengan suatu cita-cita yang sangat mulia. Bagaimana menjadi sebuah negara yang maju, bagaimana kita bisa memajukan seluruh kehidupan bangsa dan bernegara kita, bagaimana kita bisa menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Cita-cita untuk Indonesia menjadi negara maju ini merupakan sesuatu yang bisa dicapai oleh kita,” kata Menkeu di Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Baca Juga: Pernah Miskin Seperti Indonesia, Ini Rahasia Korsel Melesat Jadi Negara Maju

Menkeu mengatakan bahwa apabila Indonesia bisa menjadi negara maju, maka akan menjadi negara dengan ukuran ekonomi yang sangat besar bahkan bisa masuk di dalam 5 besar dunia dengan pendapatan perkapita mencapai USD23 ribu.



“Namun, untuk mencapai sebagai negara maju dibutuhkan persyaratan. Hal ini tidak datang tiba-tiba. Dibutuhkan persyaratan mengenai kualitas dan ketersediaan infrastruktur yang baik, dibutuhkan kualitas sumber daya manusia yang baik, dan oleh karena itu pendidikan, kesehatan, skill, karakter menjadi luar biasa penting,” tegas Menkeu.

Baca Juga: Stunting Menghambat RI Jadi Negara Maju, Menkeu: Kerugian Capai Rp474,9 Triliun

Selain itu, prasyarat lainnya adalah kemampuan untuk memanfaatkan teknologi secara lebih baik dan kemampuan untuk inovasi. Indonesia juga perlu untuk menata wilayahnya yang begitu luas agar semakin mampu mencerminkan suatu mobilitas yang efisien dan baik serta sehat. "Lanjutnya, Indonesia juga membutuhkan sektor keuangan yang makin maju," tandasnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top