Pandemi Melambat, Kegiatan Usaha Bakal Menguat

Selasa, 08 Desember 2020 - 07:31 WIB
loading...
Pandemi Melambat, Kegiatan Usaha Bakal Menguat
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Rantai Pasok Rico Rustombi mengatakan, pemulihan bisnis sangat tergantung angka p enyebaran Covid-19. Menurutnya, saat ini kegiatan dunia usaha belum melakukan peningkatan produksi karena masih melihat perkembangan pandemi Covid-19.

"Jumlah terpapar Covid-19 saat ini masih belum dikatakan baik karena jumlah masyarakat yang terpapar makin meningkat," ujar Rico saat dihubungi di Jakarta, Senin (7/12/2020). ( Baca juga:Jadi Mitra Vaksinasi Covid-19 Mandiri, Kadin Fokus Penyuntikan ke Karyawan )

Dia sendiri memprediksi kegiatan produksi berbagai sektor usaha baru akan masuk dalam tahap recovery di tahun 2021 dan selanjutnya masuk level establishment di tahun 2022 nanti. "Kondisi ini semua sangat tergantung dari seberapa efektif distribusi vaksin ke masyarakat agar Covid-19 bisa menekan penyebarannya di Indonesia," ujarnya.

Dirinya berharap dengan hadirnya vaksin di Indonesia bisa mencegah penyebaran, serta memberikan rasa aman, nyaman dalam melakukan aktivitas usaha. Bila penyebaran Covid-19 dapat diredam tentunya kegiatan usaha akan mulai secara berangsur pulih namun belum masuk ke dalam situasi normal. ( Baca juga:LPSK Siap Lindungi Saksi dan Korban Bentrok Polisi dan FPI )

Lebih lanjut dia mengatakan kegiatan produksi dunia usaha akan sangat tergantung dengan perkembangan penyebaran Covid-19. Bila makin banyak yang terpapar tentu akan tidak mungkin dunia usaha meningkatkan kapasitas produksi karena pasti tidak ada permintaan dari masyarakat.

"Kesimpulannya kegiatan produksi akan meningkat seiring dengan berkurang penyebaran Covid-19 yang memberikan peluang kepada dunia usaha dapat menjalankan kegiatan produksi dan mempekerjakan karyawannya kembali," ujarnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)