IFaS-Fest 2020, Ajang Kreatif Adaptasi Kebiasaan Baru

Minggu, 13 Desember 2020 - 13:25 WIB
loading...
IFaS-Fest 2020, Ajang Kreatif Adaptasi Kebiasaan Baru
Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail (kanan) pada acara IFa-Fest 2020.
A A A
JAKARTA - Untuk ketiga kali, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI Kemenkominfo ) menggelar Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFaS-Fest). Ajang IFaS-Fest 2020 ini mengusung tema ‘Adaptasi Kebiasaan Baru Ditjen SDPPI Kemenkominfo’.

Dirjen SDPPI Ismail menerangkan, IFaS-Fest bertujuan mengembangkan inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik. “Penggalian ide kreatif dan inovatif para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Ditjen SDPPI tersebut sekaligus sebagai bagian dari branding lembaga,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (13/12/2020).

(Baca juga:Kemenkominfo Sebut Fiberisasi Syarat Penting Implementasi 5G)

Tahun lalu, lanjut Ismail, IFaS-Fest 2019 mengangkat tema ‘Go Branding’ yang menunjukkan kepada masyarakat bagaimana keragaman inovasi mampu memberikan solusi terbaik. Sedangkan pada kegiatan perdana, IFast-Fest 2018 mengangkat tema ‘Innovation Sharing’. “Ini merupakan rintisan dalam mengaplikasikan secara konsisten ide, gagasan, dan konsep kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” katanya.

IFaS-Fest 2020 terbagi dalam tiga kelompok kompetisi. Pertama, SDPPIdea, yang bertujuan memberikan kesempatan kepada seluruh ASN Ditjen SDPPI menyampaikan ide atau karya inovasi dan mendapatkan model/usulan/ide/karya inovasi yang memberikan manfaat bagi Ditjen SDPPI, negara dan bangsa Indonesia. Ada dua kategori dalam SDPPI Idea, yaitu Idea and Innovation dan SDPPI Data Challenge.

(Baca juga:Kemenkominfo Turut Dukung Pendidikan di Era Digital)

Kelompok kedua, SDPPI Creator, yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pegawai Ditjen SDPPI dalam mem-branding institusinya melalui video dan foto. Ada dua kategori dalam SDPPI Creator, yaitu Best Short Movie dan Best Impactful Photo.

Kelompok kompetisi ketiga adalah SDPPI Choice Award, merupakan apresiasi terhadap unit pelaksana teknis (UPT) yang sudah melakukan kinerja pelayanan terbaik dan dapat menginspirasi UPT lain untuk meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pelayanan ke masyarakat. Ada enam kategori dalam SDPPI Choice Award, yaitu Administrasi Terbaik, Penindakan Hukum Terbaik, Pelayanan Publik Terbaik, Monitoring dan Penanganan Gangguan Terbaik, Best Looking Office dan Penyelenggaraan Maritime on the Spot (MOTS) Terbaik.

(Baca juga:Kemenkominfo Terus Mengonfirmasi Isu Hoaks Seputar Covid-19)

Ismail menjelaskan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak 5 Oktober 2020 untuk semua kelompok kompetisi. Puncak IFaS-Fest 2020 dilaksanakan secara virtual pada 10 Desember 2020 untuk mengumumkan seluruh pemenang kategori kompetisi. “Meski kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, acara ini tetap dihadiri sejumlah pejabat Ditjen SDPPI dan perwakilan UPT,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2607 seconds (0.1#10.140)