TBIG Turut Andil Meretas Batas Komunikasi Daerah 3T

Rabu, 13 Januari 2021 - 14:44 WIB
loading...
A A A
Chief Financial Officer TBIG, Helmy Yusman Santoso menjelaskan, TBIG sebagai perusahaan penyedia Infrastruktur telekomunikasi tentunya sebagai pilar utama transformasi digital membuka serta memberikan akses kepada penyedia jaringan dan teknologi komunikasi, dalam hal ini operator seluler dalam ekspansi keseluruh pelosok tanah air. Tak hanya itu, TBIG mengisi area-area blank spot atau daerah yang belum terjangkau teknologi komunikasi, sehingga masyarakat di daerah 3T dapat melakukan interaksi yang lebih luas dengan memanfaatkan ruang digital yang disediakan oleh operator penyedia jaringan dan teknologi komunikasi.



“Kami menyediakan ruangan pada menara telekomunikasi yang menjadi tempat pemasangan perangkat telekomunikasi milik operator untuk transmisi, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan jaringan komunikasi di suatu wilayah,”ujarnya.

Dia menuturkan, dalam menjalankan fungsinya agar seluruh proses pemasangan tower berjalan lancar, pihaknya bersinergi dengan para stakeholder sesuai dengan peraturan-peraturan dan standar yang berlaku. TBIG selalu berfokus untuk menerapkan prinsip-prinsip kewajaran, transparasi, akuntabilitas, dan tanggung jawab pada setiap pendirian tower komunikasi disetiap wilayah/daerah.

“Pada dasarnya setiap daerah memiliki kesulitannya masing-masing dalam akses pembangunan Infrastruktur telekomunikasi dalam hal ini tower/menara telekomunikasi. Untuk daerah Papua, dengan kontur demografis yang memang dapat dikatakan memang sulit untuk diakses baik secara transportasi maupun infrastruktur pendukung lainnya dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi,”tuturnya.

Helmy Yusman Santoso menjelaskan, TBIG merupakan penyedia infrastruktur telekomunikasi di mana perangkat semua adalah milik operator seluler. Jadi untuk TBIG tidak ada teknologi secara khusus hanya kami harus memastikan design struktur menara kami untuk memastikan menara tersebut dapat digunakan oleh lebih dari 1 operator.

“Kami sebagai penyedia infrastruktur telekomunikasi selalu memastikan dapat melayani pelanggan kami dengan baik.TBIG terus mendukung pelanggan kami dengan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang diminta oleh para pelanggan kami,” tuturnya.



Terpisah, Area Operation 4 Division Head PT Tower Bersama Infrastructure, Tbk, Andre Rusdi menyebutkan, kerja sama dengan sejumlah operator dilakukan, Pamasuka (Papua Maluku Sulawesi dan Kalimantan).

Kata dia, untuk menghadirkan jaringan telekomunikasi yang baik di daerah 3T, relatif mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat sekitar maupun pemerintah daerah, karena daerah sangat menanti-nanti akan kehadiran layanan telekomunikasi yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)