RI-China Kolaborasi Kembangkan Twin Park Hingga Rumah Sakit

loading...
RI-China Kolaborasi Kembangkan Twin Park Hingga Rumah Sakit
Menko Marves Luhut Pandjaitan dan Menlu Wangyi saat menyaksikan MoU di Parapat, Sumatera Utara, Selasa (12/1/2021). Foto/Dok Kemenko Marves
JAKARTA - Menteri Koordinator (menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi, dalam kunjungannya ke kawasan Danau Toba di Sumatera Utara, Selasa (12/1). Keduanya berkeliling menikmati panorama perbukitan di Kaldera.

"Saya secara khusus mendampingi Menlu Wang Yi bersama delegasinya untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba," ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/1/2021).

(Baca juga: Luhut Tawarkan Menlu China Investasi di Danau Toba, Ini Alasannya )

Sebelumnya, Menko Luhut bersama dengan Menlu China Wang Yi menyaksikan penandatanganan dokumen kerja sama (MoU) terkait proyek kerja sama Two Countries Twin Park pada Selasa (12/1) di Parapat, Sumatera Utara.



Tujuan kerja sama ini untuk membangun model baru industri antara Indonesia dan China, membentuk dasar yang efisien bagi investasi dan perdagangan dua arah, serta memperkuat pertukaran kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Terkait bidang tersebut, dirinya juga menyatakan bahwa kedua negara dalam hal ini Indonesia-China mampu membuka diri untuk membangun rumah sakit internasional agar tercipta kerja sama yang lebih mumpuni antara rumah sakit, pertukaran dokter dan tenaga kesehatan, serta kolaborasi riset dan teknologi antarnegara.

(Baca juga: Bertemu Wang Yi, Menlu Retno Singgung Isu ABK WNI di Kapal China )



Dalam hal riset, Menko Luhut juga mengundang perguruan tinggi China melakukan kerjasama riset di bidang herbal. Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan area seluas 500 hektar di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara yang akan difungsikan sebagai Pusat Herbal dan Hortikultura.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top