Cermati, Ini 8 Cara Hindari Kejahatan Skimming ATM

Minggu, 17 Mei 2020 - 09:55 WIB
loading...
A A A
4. Jangan Sering-sering ke ATM
Minimalkan kunjungan ke ATM, apalagi di tempat itu-itu saja. Jika terlalu sering mengakses rekening via ATM, rekam transaksi akan mudah tercatat dan terlacak.

5. Ubah Kartu Debit dari Teknologi Pita Magnetik ke Chip
Upaya yang paling efektif untuk mencegah terjadinya skimming adalah mengganti kartu debit dari teknologi pita magnetik ke kartu yang dilengkapi chip. Sebab, data nasabah yang bisa diambil oleh pelaku kejahatan adalah yang tersimpan di kartu yang dilengkapi pita magnetik.

6. Pastikan Keaslian Card Reader
Jangan tertipu oleh trik licik ini. Card reader paslu ini dapat berkamuflase menyerupai card reader asli di mesin ATM pada umumnya.

Jika merasa card reader-nya terlalu besar (tidak proporsional/longgar) atau ada goresan, plester, dan kerusakan pada ATM, sebaiknya urungkan niatmu untuk bertransaksi di ATM tersebut.

7. Waspada Jika Keypad Longgar
Selain memeriksa card reader, cobalah juga memperhatikan kondisi keypad. Sebab, ada kemungkinan terjadi penggantian keypad pada mesin ATM untuk membaca pin kartu debitmu.

"Caranya dengan memeriksa keypad pada ATM. Jika keypad terasa seperti akan copot atau terasa lebih empuk dari biasanya, bisa jadi ada bantalan di bawah keypad yang merupakan alat pembaca," katanya.

8. Hati-Hati pada Orang Asing
Waspada terhadap orang asing, terlebih di tempat yang tidak kenal. Salah satu trik skimming ATM yang juga perlu diwaspadai adalah dengan menggunakan alat penahan yang membuat kartu ATM-mu tertahan. "Ketika kamu bingung, pelaku kejahatan biasanya akan berpura-pura untuk menolong dan menyuruhmu memasukkan PIN berkali-kali," jelasnya.
(fai)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1415 seconds (10.177#12.26)