Neraca Dagang Surplus, Terselamatkan Penurunan Impor

Selasa, 16 Februari 2021 - 06:57 WIB
loading...
A A A
Selain itu, Kementan pun memiliki program yang tujuan utamanya menggairahkan komoditas ekspor dan peningkatan kesejahteraan petani yakni mensinergikan hulu dengan hilir salah satunya melalui pengembangan korporasi berbasis komoditi tanaman pangan, hortikultura dan komoditas strategis ekspor lainnya. Di sisi lain, peningkatan ekspor pun terpacu dengan tersedianya kemudahan pelayanan.

“Pencapaian peningkatan ekspor tentunya dari banyaknya perubahan dan adanya program terobosan yang implementatif dan inovatif sehingga membangun sektor pertanian yang maju, mandiri dan modern. Artinya penggunaan teknologi modern menjadi kunci dan adanya kemudahan serta sinergitas pemerintah dengan pelaku usaha, petani dan perintah terbangun dengan baik,” jelas Kuntoro.

Pengamat ekonomi dari Indef Bhima Yudhistira menilai kinerja ekspor Indonesia di bulan Januari sejatinya ini kembali melorot. Bahkan untuk pasar China. Karena terjadi penurunan ekspor tujuan China sebesar -8,1% dibanding bulan Desember 2020.

Sementara penetrasi ekspor untuk tujuan Amerika Serikat (AS) yang harusnya bisa dioptimalkan ternyata juga harus turun -10,3%. “Ini berarti upaya penetrasi ekspor memanfaatkan pemulihan ekonomi global belum maksimal,” kata Bhima saat dihubungi MNC Portal kemarin.

Dia mengatakan pencapaian surplus lebih tertolong penurunan tajam impor. Karena penurunan impor untuk barang konsumsi sebesar -17% dan impor barang modal -21,2% dibanding posisi Desember 2020. “Justru ini menunjukkan kontraksi permintaan domestik akibat adanya PPKM,” lanjutnya. (rina anggraeni/hafid fuad)
(her)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)