Bunga Tinggi dan Situasi Tak Pasti, Pengusaha Pikir-Pikir Mau Pinjam ke Bank

loading...
Bunga Tinggi dan Situasi Tak Pasti, Pengusaha Pikir-Pikir Mau Pinjam ke Bank
Pelaku usaha masih enggan mengambil kredit ke bank akibat situasi yang dinilai masih belum pasti. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Kondisi yang serba penuh ketidakpastian saat ini membuat pelaku usaha semakin berat untuk mengajukan kredit ke bank . Meski suku bunga acuan BI baru saja kembali diturunkan, pengusaha masih menunggu respons penurunan suku bunga kredit oleh perbankan.

Baca Juga: BI Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Kredit ke 5%, Ini Alasannya

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi mengakui, untuk menggunakan fasilitas kredit dari bank ataupun lembaga keuangan lainnya tentu ada beberapa hal yang jadi pertimbangan serius dari pelaku usaha. Bagi pengusaha, pengambilan kredit tentunya ditujukan untuk memperkuat kinerja perusahaan atau usahanya.

"Namun beberapa aturan saat ini selalu menimbulkan kebingungan untuk kalangan pengusaha secara nasional," ujar Diana saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta, Minggu (21/2/2021).



Menurutnya, ini menjadi salah satu faktor penyebab selama pandemi ini kredit belum terserap dengan baik oleh dunia usaha. Pengusaha masih khawatir belum adanya kepastian pandemi ini berakhir.

Baca Juga: Suku Bunga Turun Lagi, Tapi UMKM Belum Minat Pinjam Duit ke Bank

"Kami berharap dengan dilaksanakan beberapa tahapan pengendalian Covid-19 dapat memberikan hasil yang baik. Lalu ujungnya akan semakin menggairahkan dunia usaha untuk dapat melakukan ekspansi bisnis," katanya.



Tidak hanya itu dia juga mengomentari faktor perbankan seperti kehati-hatian dari bank dalam menyalurkan kredit dan lebih selektif memilih debitur. "Juga bunga yang diberikan oleh perbankan ke dunia usaha masih belum mendapatkan keringanan suku bunga. Masih banyak bank yang memberikan rate di dua digit," keluhnya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top