Dorong Produktivitas, Kementan Tingkatkan Wawasan Petani

Senin, 19 April 2021 - 06:05 WIB
loading...
A A A
“Dengan IPDMIP, kita akan menggenjot produktivitas pertanian, khususnya di daerah irigasi. Diharapkan pendapatan petani naik sehingga kesejahteraan petani juga meningkat,” kata Mentan Syahrul.

(Baca juga:Amankan Ketersedian Pangan, Kementan Intervensi Distribusi dan Stok)

Koordinator Konsultan Regional 3 IPDMIP Jawa Barat-Lampung Achmad Yusuf menegaskan bahwa meningkatkan wawasan petani di daerah irigasi IPDMIP Provinsi Lampung sama penting dengan peningkatan porduktivitas.

“Kedaulatan pangan terwujud jika petani milenial kerap diberi pengetahuan dan mengimplementasikannya di daerah irigasi sasaran IPDMIP Lampung,” kata Achmad Yusuf pada workshop PPL dan Staf Lapang di BPP Tanjung Raya, Brabasan, Kabupaten Mesuji.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari DPIU IPDMIP dan tenaga ahli Korwil Regional 3 IPDMIP. Menurutnya, IPDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi. Tujuannya mencapai keberlanjutan sistem irigasi baik kewenangan pusat, provinsi maupun kabupaten sehingga dapat mendukung tercapainya swasembada beras yang menjadi target Nawacita.

“IPDMIP berupaya merealisasikan potensi pengurangan kemiskinan. Ini mengacu pengalaman pembangunan irigasi selama ini,” kata Achmad Yusuf didampingi Tenaga Ahli Value Chain IPDMIP, Jati Nohanto.

(Baca juga:Kementan Latih Petani Hitung Produktivitas Padi Gunakan Cara Ubinan Jajar Legowo)

Rani Agustin, Staf Lapang IPDMIP Kota Agung Timur mengatakan petani padi irigasi IPDMIP berupaya meningkatkan pendapatan dari komoditas hortikultura. “Seperti di antaranya talas beneng tumpang sari dengan pepaya dan porang karena harganya bagus di pasaran,” katanya.

Khusus tanaman bernilai ekonomis tinggi, petani Tanggamus sudah mulai menanam talas beneng. Mereka bekerja sama dengan pihak swasta dalam pemasaran hasil panen daunnya. Porang pun sudah dikenal sebagian petani Tanggamus, dengan mengoptimalkan lahan kering.

“Talas beneng saat ini ditumpangsarikan dengan kebun pepaya. Saya pun tertarik pada varietas talas pratama yang saya tahu dari media sosial,” kata seorang peserta workshop, pada diskusi tentang prospek talas pratama di Tanggamus yang geografisnya dikelilingi pegunungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)