Wujudkan Kota dengan Standar Keamanan Tinggi, Meikarta-BPBD Gelar Simulasi Bencana

Rabu, 28 April 2021 - 22:58 WIB
loading...
A A A
"Kami mengimbau operator apartemen agar bisa sesuaikan dengan apa yang dilakukan dalam simulasi ini, dan lakukan juga persiapan K3 untuk masyarakat," ujarnya.

Dikatakan, latihan ini juga merupakan salah satu bentuk contoh pelatihan dan sosialisasi agar dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana.

Penghargaan Meikarta

Pemerintah Kabupaten Bekasi, menurutnya, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pihak Meikarta yang telah mendukung simulasi ini dengan menyediakan lokasinya.



Selanjutnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said mengungkapkan juga, ini merupakan rangkaian Peringatan Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021 yang diperingati setiap tahun pada tanggal 26 April, dimana dilakukan secara nasional di pusat, provinsi sampai ke daerah.

Disebutnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi mengambil 'spot' di Meikarta, salah satunya untuk melakukan simulasi edukasi dan pelatihan tentang 'Vertical rescue', bagaimana teknik penolongan korban korban bencana gempa di gedung ketinggian.

Ada juga kegiatan lainya yang dipilih, yaitu bagaimana memberikan pertolongan bagi korban bencana banjir, yang dilakukan di lokasi lain dekat sini.

Vertical Rescue

Said menambahkan, simulasi hari ini 'full' melakukan 'vertical rescue', yaitu, bagaimana menolong korban bencana di ketinggian apabila terjadi gempa yang menimpa gedung gedung tinggi. Yakni, dengan mengambil 'spot' Meikarta karena merupakan gedung-gedung tinggi yang perlu dilatih terus untuk evakuasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2878 seconds (0.1#10.140)