Jadi Role Model, Ini Kunci Sukses KEK Kendal Gaet Investor

Jum'at, 30 April 2021 - 23:03 WIB
loading...
Jadi Role Model, Ini Kunci Sukses KEK Kendal Gaet Investor
Bupati Kendal, Dico Ganinduto, saat menerima kunjungan Sekretariat DN KEK di ruang kerjanya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal telah dinyatakan siap untuk beroperasi menyusul rampungnya evaluasi yang dilakukan oleh Dewan Nasional (DN) KEK.

Bupati Kendal Dico Ganinduto saat menerima kunjungan Sekretariat DN KEK baru-baru ini mengatakan, dari berbagai parameter sebagai acuan penilaian dari DN KEK, perkembangan kawasan hasil joint venture Jababeka Group dengan Sembcorp ini berjalan sangat baik.

“Kami telah melakukan evaluasi terhadap 15 Kawasan Ekonomi Khusus di seluruh Indonesia, dan kinerja KEK kendal sangatlah baik dan termasuk yang terbaik di antara Kawasan Ekonomi Khusus lainnya,” kata Enoh, Jumat (30/4/2021).



Menurut Enoh, salah satu faktor yang membuat KEK Kendal berkembang sangat baik ialah adanya kantor administrator KEK di Kendal. Dia, menuturkan, peran kantor administrator sangat penting dalam menyukseskan KEK karena kantor administrator ibarat pintu gerbang bagi para investor.

Lewat kantor administrator yang resmi beroperasi sejak 23 April lalu, investor bisa merasakan kemudahan dalam mendapatkan fasilitas fiskal maupun non-fiskal dari KEK.

Dico berharap status KEK yang disematkan kepada Kawasan Industri Kendal (KIK) dan adanya kantor administrator semakin mempermudah investor berdatangan. Dia juga menyatakan KEK Kendal dapat menjadi role model untuk kawasan lainnya.

“Tentunya, kalau kawasan ekonomi khusus lebih mempermudah investasi dengan adanya insentif yang diberikan. Dan harapannya (Kawasan Industri Kendal) bisa menjadi kawasan industri yang berbeda, menjadi opsi terbaik untuk berinvestasi di Jawa Tengah," ucapnya.

Dia juga menyatakan komitmen pemerintah daerah (pemda) untuk proaktif memberikan dukungan agar kawasan industri di Kendal lebih cepat berkembang, dan bisa menjadi percontohan untuk kawasan industri lainnya.

“Saat ini dengan adanya kawasan Industri Kendal, branding Kendal bisa menjadi lebih baik. KIK juga telah berkontribusi untuk membuka lapangan pekerjaan," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)