Mentan SYL Pastikan Jagung Petani di Sulsel Terserap

Minggu, 19 April 2020 - 19:15 WIB
loading...
A A A
Termasuk, komitmen bahwa ayam peternak akan diserap dan disesuaikan, serta ditampung sesuai proses yang ada. Sehingga dipastikan berita yang beredar jika harga ayam jatuh sama sekali tidak benar.

Sementra itu, berdasarkan data Kementan, memprediksi dalam masa tiga kali panen raya jagung yakni pada bulan Februari-April, Juli-Agustus dan panen ketiga pada bulan November-Desember, jika berdasarkan prognosa Kementan, produksi jagung sepanjang tahun 2020 diperkirakan mencapai 24,16 juta ton. Hal ini membuat stok jagung aman sepanjang tahun 2020.

Terkait produksi pakan, pada tahun 2020 ini diperkirakan produksi pakan mencapai 21,53 juta ton atau tumbuh sekitar 5% dibandingkan produksi pakan tahun 2019 (20,5 juta ton). Proyeksi kebutuhan jagung pada tahun 2020 untuk pabrik pakan sebesar 8,5 juta ton dan untuk peternak sebesar 3,48 juta ton. Oleh karena itu diharapkan tahun 2020 Indonesia dapat surplus jagung.

Sementara itu, Senior Vice President PT CPNI, Christian Tiono memastikan akan mendukung pemerintah melalui Kementan, dengan senantiasa membeli hasil produksi jagung petani dengan ketentuan syarat kadar air, jamur dan beberapa lainnya dipenuhi dengan baik.

“Saat ini kami membeli jagung petani dengan harga Rp3.150 dengan kadar air 17%, tentunya jika kadar airnya jauh lebih bagus dan memenuhi segala standarnya kami akan membelinya dengan harga lebih tinggi,” ungkapnya.

Dia menuturkan, saat ini rata-rata pembelian jagung per bulannya mencapai 2.000 ton per hari. Diharapkan, tidak terkoreksi pascapandemi, khusus untuk pakannya. Namun diprediksi akan terpengaruh, karena beberapa restoran tutup sehingga dipastikan permintaan ayam turun.

“Silo kami mampu menampug 42 ribu ton jagung, sementara untuk produksi pakan ternak yang kita hasilkan mencapai 40 ribu ton per bulan dan dikirim seluruh Sulawesi, Kalimantan timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTT sampai Papua dan sebagian besar disuplay dari Jawa Timur dan Jawa Barat dan di Makassar menyuplai di Indonesia Timur,” ungkapnya.

Diketahui, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPNI) adalah perusahaan berbasis agribisnis di Indonesia.

Perusahaan juga memproduksi kantong plastik anyaman dan peralatan peternakan. CPNI terbagi menjadi beberapa unit, seperti pakan ternak, pengembangbiakan ternak, pengolahan ternak, dan unit kantong plastik.
(luq)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)