Buntut Boikot Kripto, Ini Kabar Buruknya Bagi China

Senin, 24 Mei 2021 - 16:48 WIB
loading...
Buntut Boikot Kripto, Ini Kabar Buruknya Bagi China
Ilustrasi. FOTO/REUTERS/Dado Ruvic
A A A
JAKARTA - Penambang kripto ramai-ramai memutuskan menghentikan operasinya di China setelah Beijing mengintensifkan tindakan keras terhadap penambangan dan perdagangan mata uang digital itu di tengah pengawasan peraturan global yang meningkat.



Padahal konsumsi energi tahunan penambang kripto China diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2024 sekitar 297 terawatt-jam, lebih besar dari semua konsumsi daya oleh Italia pada tahun 2016, menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature Communications.

Presiden China Xi Jinping telah menjanjikan netralitas karbon pada tahun 2060. China telah kehilangan posisinya sebagai pusat perdagangan cryptocurrency global setelah Beijing melarang pertukaran crypto pada tahun 2017. Akhirnya, China akan kehilangan kekuatan komputasi kripto ke pasar luar negeri juga, "tulis Jiang, pendiri BTC.TOP, memprediksi munculnya kumpulan penambangan AS dan Eropa seperti dikutip dari Reuters, Senin (24/5/2021).



Chen dari Novem Arcae mengatakan kegilaan crypto, jika tidak diatasi, dapat berubah menjadi buih yang mirip dengan tulipmania Belanda di abad ke-17 sering dianggap sebagai gelembung keuangan pertama dalam sejarah yang tercatat. "Satu-satunya perbedaan adalah setelah gelembung tulip pecah, masih ada beberapa bunga indah yang tersisa," kata Chen. "Tapi ketika gelembung mata uang virtual meledak, yang tersisa hanyalah beberapa kode komputer," imbuhnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)