Catat!, RI Akan Punya Bursa Kripto Tahun Ini

Kamis, 03 Juni 2021 - 18:54 WIB
loading...
Catat!, RI Akan Punya Bursa Kripto Tahun Ini
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjelaskan, bahwa Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berencana untuk mendirikan bursa komoditas untuk aset crypto. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjelaskan, bahwa Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berencana untuk mendirikan bursa komoditas untuk aset crypto . Dimana aturannya sedang digodok dan direncanakan bursa akan berdiri di semester ke II tahun ini.

"Jika itu terwujud, Indonesia akan menjadi salah satu negara pertama yang mendirikan bursa kripto yang diatur pemerintah," ujarnya Wamendag di Jakarta, Kamis (3/6/2021).



Sambung Jerry menjelaskan, aset kripto saat ini diperdagangkan dengan omzet sekitar Rp1,5 triliun per hari di Indonesia. Menurutnya, ini potensi yang cukup besar sehingga harus ada kehati-hatian dalam pengaturan.

Berdasarkan data, ada sekitar 8.000-9.000 jenis aset crypto saat ini. Bappebti telah merilis sekitar 229 aset crypto yang bisa diperdagangkan di Indonesia. Jumlah jenis crypto yang bisa diperdagangkan bisa bertambah atau berkurang tergantung hasil pengawasan dan evaluasi yang terus dilakukan secara berkala.

Wamendag mengatakan, saat ini Bappebti terus meningkatkan kapasitas dalam pengaturan aset crypto . Mereka menggandeng berbagai stake holders termasuk pelaku perdagangan langsung.

“Pada intinya, pengaturan perdagangan aset crypto bertujuan mencapai beberapa hal. Pertama, kepastian hukum mengenai aset crypto itu sendiri; kedua, perlindungan pedagang dan semua pihak yang terlibat, dan; ketiga, upaya mengoptimalkan kebermanfaatannya bagi ekonomi negara dan kesejahteraan masyarakat.” jelas Jerry.



Ia menekankan, bahwa crypto adalah jenis pengembangan aset digital yang relatif baru dan perlu diakomodasi pengaturannya dalam sistem perdagangan di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari penggunaan yang makin luas, prospek diversifikasi penggunaan dan dampaknya bagi perekonomian nasional secara umum.

Mengingat dampaknya yang bisa luas, Wamendag memahami mengapa regulator lain ingin mengawasi dan mengatur crypto. Ia berharap perdagangan crypto bisa ditinjau dari berbagai aspek sehingga produktif bagi pengembangan perdagangan dan ekonomi Indonesia.

“Saya kira memang ini bisa dilihat sebagai urusan lintas sektor. Tetapi jelas dalam hal perdagangannya adalah wewenang Bappebti,” tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)