China-Indonesia Sepakati 5 Hal Ini dalam Dialog Tingkat Tinggi

Selasa, 08 Juni 2021 - 13:00 WIB
loading...
China-Indonesia Sepakati 5 Hal Ini dalam Dialog Tingkat Tinggi
Indonesia dan China menyepakati lima konsensus saat menggelar dialog tingkat tinggi. Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pembentukan Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi secara resmi sudah diteken. Foto/Dok
A A A
GUIYANG - Indonesia dan China menyepakati lima konsensus saat menggelar dialog tingkat tinggi. Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pembentukan Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi secara resmi sudah diteken.



Kerja sama serupa juga disepakati perihal penguatan kerja sama di sektor maritim. Dari kolaborasi tersebut, kedua pihak menyepakati adanya peningkatan kerja sama pembangunan koridor ekonomi komprehensif regional dan pembentukan komite bersama untuk kerja sama pembangunan koridor ekonomi komprehensif regional

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pembentukan mekanisme kerja sama dialog tingkat tinggi Indonesia-China akan memberikan platform untuk dialog yang lebih erat antara departemen pemerintah kedua negara dan memberikan dukungan baru untuk kerja sama yang lebih efektif.

"Indonesia siap bekerja sama dengan China untuk mempercepat pembangunan bersama Belt and Road, memperdalam pembangunan koridor ekonomi komprehensif regional, mendorong penyelesaian kereta cepat Jakarta-Bandung sesuai jadwal, memperdalam kerjasama di bidang perikanan, perdagangan dan investasi, kesehatan masyarakat, penerbangan, ruang angkasa dan maritim, memperkuat pertukaran budaya dan orang-ke-orang dan mengkonsolidasikan fondasi persahabatan," ujar Luhut dikutip dalam website Kementerian Luar Negeri China, (8/6/2021).

Adapun lima konsensus yang disepakati Indonesia-China di antaranya:

Pertama, mengkonsolidasikan langkah strategis untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama. Kedua nya akan memperkuat kepercayaan politik dan menjaga komunikasi strategis yang erat.

Kedua negara juga akan mendukung upaya satu sama lain untuk mewujudkan pembangunan nasional masing-masing negara, bertanggung jawab terhadap perdamaian dan stabilitas regional, hingga bersama-sama menegakkan keadilan nasional dan internasional, serta hak dan kepentingan negara berkembang.



Kedua, memperdalam kerja sama pengadaan vaksin Covid-19 dan perawatan kesehatan. Kedua belah pihak akan terus memperdalam kerja sama di seluruh rantai industri, termasuk penelitian dan pengembangan vaksin, produksi dan distribusi, membantu Indonesia membangun pusat produksi vaksin regional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)