Segudang Cara Pemerintah Amankan Pasokan Oksigen Saat Kasus Covid-19 Melonjak

Jum'at, 09 Juli 2021 - 21:54 WIB
loading...
A A A
“Ada beberapa oximeter yang akan dimasukkan ke Indonesia, dan kalau sudah waktunya akan dijelaskan berapa jumlahnya secara logistik oleh Kemenperin,” jelas Menko Airlangga.

Sekretaris Eksekutif I KPCPEN, Raden Pardede mengatakan, permasalahan oksigen medis ini terus diselesaikan oleh pemerintah dengan terus berkoordinasi dengan produsen gas di Indonesia.

“Dari sisi suplai oksigen medis, pemerintah akan terus memastikan kapasitas produksi, bahkan bila perlu kita melakukan impor. Kemudian didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan seluruh rumah sakit di Indonesia,” ungkap Raden.



Selain itu, kata Raden, pemerintah juga memberikan perlindungan ke masyarakat melalui penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) obat-obatan terkait Covid-19.

“Negara juga hadir untuk menetapkan Harga Eceran Tertinggi obat-obatan yang sering digunakan untuk terapi Covid. Seperti kita tahu dalam keadaan seperti ini kadang kala ada juga yang memainkan harga,” kata Raden.

Lebih lanjut, kata Raden, pemerintah juga akan menindak para pelaku yang memainkan harga obat-obatan tersebut. “Sementara Polri juga sudah komitmen untuk menindak tegas pelaku penimbunan obat dan alat kesehatan yang membuat masyarakat kesulitan mendapatkannya,” ujar Raden.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)