Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Bangun Ekonomi Syariah untuk Buka Lapangan Kerja

Selasa, 13 Juli 2021 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut dipaparkannya, Indonesia kini dihadapkan dengan situasi Vuca atau volatility, uncertanty, complexity and abiguity. Terkait hal tersebut, Sandiaga Uno berharap kepada semua pihak untuk bisa meningkatkan tiga hal, yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Inovasi katanya meliputi peningkatan adaptasi teknologi untuk menciptakan peluang usaha sekaligus mencetak lapangan kerja. "Covid-19 memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan, bukan hanya berjualan online, tapi juga bisa menciptakan konten-konten kreatif yang meyakinkan," ujarnya bersemangat.

Hal selanjutnya adalah adaptasi. Dirinya mengajak seluruh pihak untuk dapat beradaptasi terhadap protokol kesehatan. Terlebih masyarakat ekonomi syariah yang menurutnya identik dengan CHSE, yaitu Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability.

"Dan terakhir kolaborasi, selama ini kita didominasi oleh kompetisi, saatnya kita berkolaborasi. Kita berharap agar Gunadarma Sharia Economic Event ini dapat memberikan inspirasi kepada entrepreneur dan calon enterpreneur," ujar Sandiaga Uno.

"Mudah-mudahan ini sebuah momentum kita memberi semangat, memberi suatu motivasi dan optimisme, menghadirkan keberkahan dan menjadi energi untuk kita semakin bersemangat untuk bangkit memajukan perekonomian Indonesia," tambahnya.

Menutup webinar, Sandiaga Uno berpesan kepada para mahasiswa untuk terus optimis menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-19. Sebab, menurutnya, krisis ekonomi serta beragam keterbatasan yang dihadapi dapat membentuk karakter seorang enterpreneur yang mumpuni.



"Saya sendiri, DNA-nya adalah entrepreneur, saya lahir dan besar sebagai entrepreneur karena krisis ekonomi, dari krisis ke krisis membawa saya kepada tantangan baru," ungkap Sandiaga Uno.

"Pada suatu krisis di tahun 1997 saya memulai usaha dan Alhamdulillah usaha saya sekarang menjadi usaha yang stabil dengan membuka lapangan kerja bagi 30.000 karyawan di seluruh Indonesia," jelasnya.

Menilik kisah hidupnya, Sandiaga Uno mengaku tidak ingin berhenti. Dirinya yang kini bertugas di Kemenparekraf katanya ingin terus berkontribusi. Tujuannya agar masyarakat, terutama para pelaku ekonomi, anak-anak muda yang merupakan masa depan bangsa dapat terus bergerak menjadi pemenang. "Jangan menjadi kaum rebahan, tapi jadilah agen perubahan," tegas Sandiaga Uno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)