Corona Masih Mengancam, Berikut 4 Tips WFH Supaya Tetap Produktif

Jum'at, 16 Juli 2021 - 18:38 WIB
loading...
Corona Masih Mengancam, Berikut 4 Tips WFH Supaya Tetap Produktif
Ilustrasi. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah menjadi tren baru sejak adanya pandemi Covid-19. Kegiatan bekerja yang sebelumnya dilakukan di kantor kemudian dipindahkan di rumah masing-masing karyawan. Adapun WFH mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan diri untuk tetap disiplin dalam bekerja. Pasalnya, pada saat WFH tidak sedikit orang sulit menyesuaikan dengan kondisi rumah sehingga menjadi tidak fokus.



Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ada empat hal yang harus dilakukan agar fokus saat WFH. Mulai dari membuat jadwal kegiatan harian, hingga beristirahat dan bersosialisasi. “Sulit Fokus saat WFH. Biasanya Rekanaker lakukan apa?,” tulis akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Jumat (16/7/2021).

Berikut empat hal yang harus dilakukan agar fokus saat WFH:

1. Membuat Jadwal Kegiatan Harian
Agar mudah untuk fokus saat WFH, ada baiknya membuat jadwal kegiatan harian. Jadwal ini bisa terdiri dari dua kegiatan, yaitu bekerja untuk kantor dan kegiatan rumahan. Agar kegiatan satu dengan lainnya tidak bertabrakan.

2. Menyiapkan Area Kerja
Seseorang lebih mudah fokus jika memiliki area khusus di rumah. Usahakan tidak ada orang lain berada di area ini.



3. Menolak Ajakan
Seringkali ada ajakan untuk aktivitas lain. Rekanaker harus bersedia mengatakan “tidak” untuk ajakan tersebut. Karena jika Rekanaker menyanggupi akan mengakibatkan tertundanya pekerjaan yang sedang dikerjakan.

4. Beristirahat dan Bersosialisasi
Jangan lupa untuk beristirahat dan bersosialisasi. Hal ini diperlukan agar pikiran kembali segar saat memulai bekerja atau menjalankan aktivitas rumahan lainnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)