Temui UMKM di Klaten, Airlangga Minta Menperin Bantu Peralatan Produksi

Senin, 16 Agustus 2021 - 04:18 WIB
loading...
Temui UMKM di Klaten, Airlangga Minta Menperin Bantu Peralatan Produksi
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bertemu langsung dengan para pelaku UMKM Klaten untuk memastikan usaha mereka tetap berjalan di masa pandemi. Foto/Dok
A A A
KLATEN - Dalam rangkaian kunjungannya ke Kabupaten Klaten, Sabtu (14/8), Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bertemu langsung dengan para pelaku UMKM Klaten untuk memastikan usaha mereka tetap berjalan di masa pandemi .

Beberapa UMKM yang dikoordinir Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Klaten sempat berbincang dengan Menko Airlangga dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, menceritakan tentang usaha mereka.



Menko Airlangga mendengarkan aspirasi pelaku usaha yang ingin didukung oleh Pemerintah dalam bentuk peralatan dan izin BPOM agar usahanya terus berkembang.

Salah satunya Yamik Tri Jarwani, pemilik usaha Watu Leter yang salah satu produknya Wedang Rempah Merapi sempat mendapat permintaan dari Mancanegara seperti Austria dan Perancis dan Australia.

"Sayangnya sejak pandemi jalur permintaan seolah terputus," ujarnya.

Kendala lain yang dihadapi adalah hingga saat ini seluruh proses produksi masih dilakukan manual karena belum memiliki peralatan yang memadai.

Menanggapi aspirasi pelaku UMKM, Airlangga yang didampingi Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, “Untuk dukungan peralatan, Kementerian Perindustrian pasti akan membantu.”

Kehadiran Menko Airlangga membawa optimisme tersendiri bagi para pelaku usaha yang memiliki semangat tinggi untuk terus mengembangkan usahanya dalam upaya menembus pasar global.

UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak negatif dalam masa pandemi. Meski demikian, di sisi lain banyak para pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi digital sehingga keterlibatan UMKM dalam pasar digital makin meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)