Sandiaga Uno: Kekayaan Alam dan Keragaman Budaya Modal Kebangkitan Ekonomi Papua

Kamis, 23 September 2021 - 13:42 WIB
loading...
A A A
Terpilihnya Desa Wisata Kampung Yoboi sebagai 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia diungkapkannya sangat membanggakan masyarakat.

Sebab dengan keterbatasan yang luar biasa, Desa Wisata Kampung Yoboi terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. "Ini satu tantangan bagi kami semua bahwa keterbatasan bukan segalanya, tapi anak-anak muda bisa menciptakan kreatifitas yang unggul dengan cara mereka sendiri," ungkap Mathius.

"Saya terus terang saja, mereka jadi viral di mana-mana, itu bukan karena orang kota, bukan oleh pemerintah, tapi karena mereka semua sendiri di sini," imbuhnya.



Menurut dia, hal ini mungkin adalah cara yang terbaik untuk membangun Papua, yakni bukan dari kota, tapi dari kampung. Karena itu Mathius menyerukan kepada seluruh anak Papua untuk kembali ke kampung adat. "Kita mulai dari kampung untuk bangun Papua," tegasnya.

Guna mewujudkan harapan seluruh warga Papua, Mathius pun berharap agar Sandiaga Uno dapat mencanangkan Danau Sentani menjadi ikon Indonesia wilayah Timur. Danau Sentani pun diharapkan dibangun layaknya Danau Toba yang berada di wilayah barat Indonesia.

"Kalau di Indonesia barat ada Danau Toba yang menjadi ikon Indonesia, Danau Sentani kami harapkan dapat menjadi ikon Indonesia di bagian timur Nusantara," ujarnya.

Harapan Mathius pun segera dijawab Sandiaga Uno yang segera mencanangkan Danau Sentani sebagai ikon Indonesia bagian timur. "Kita canangkan Danau Sentani menjadi Ikon Indonesia bagian timur," ujar Sandiaga Uno dibalas riuhnya tepuk tangan dan teriakan warga Kabupaten Jayapura.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)