Memberi Sentuhan Estetika dan Kenyamanan Rumah Lewat Fasad

Rabu, 22 April 2020 - 10:29 WIB
loading...
A A A
Dalam pengaplikasian warna, yang terpenting adalah menyesuaikannya dengan tema dan komposisi warna lain serta material yang akan dipergunakan untuk menambah cantik tampilan fasad rumah Anda. Tidak hanya warna, pengolahan material, kombinasi penggunaan material yang berbeda, pengaplikasian tekstur, serta eksperimen penggunaan material juga patut Anda terapkan di fasad.

Material yang sama apabila ditampilkan secara kreatif akan menciptakan kesan berbeda. Pemilihannya pun harus disesuaikan dengan iklim dan keselarasan pemilik rumah, yang terpenting samakan dengan tampilan gaya hunian Anda.

”Bila ingin menggunakan aksen natural seperti batu alam, yang perlu dicermati adalah pemilihan ukuran yang harus tepat agar nantinya tampilan fasad tidak berkesan terlalu berat,” tutur Haris.

Detail khusus data merupakan aksen pada keseluruhan bangunan dan memberikan kesan yang tidak monoton, dapat berupa bentuk, warna, maupun perbedaan material. Dalam pemilihannya, tidak harus terpaku pada luas bangunan yang besar, tetapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Terpenting, rumah dapat terlihat semakin cantik dengan hadirnya aksen pemanis tersebut.

Untuk sentuhan terakhir, Anda bisa menambahkan ragam pencahayaan untuk memperindah tampilan fasad. Pencahayaan pada fasad tentu sangat berbeda dengan pencahayaan di bagian dalam hunian. Untuk fasad rumah, permainan cahaya downlight dan uplight bisa membuat muka rumah lebih menarik.

“Tempatkan beberapa lampu downlight untuk menerangi beberapa sudut fasad secara general. Bisa juga ditempatkan pada bagian yang ingin ditonjolkan dari fasad, seperti tiang dan beberapa tanaman yang ada di fasad,” ungkapnya. (Aprilia S Andyna)

Tips Membuat Fasad Cantik dan Nyaman

1. Komposisi

Perhatikan komposisi bahan bangunan yang akan digunakan agar seimbang dengan bangunan. Pemakaian overstek atau tritisan panjang akan membantu mengurangi tampias dan menjaga bidang tertentu tetap bersih.

2. Pencahayaan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)