Hadirkan Tontonan Menawan, Wishnutama Pukau Publik di World Expo 2020 Dubai

Jum'at, 05 November 2021 - 15:15 WIB
loading...
Hadirkan Tontonan Menawan, Wishnutama Pukau Publik di World Expo 2020 Dubai
Wishnutama Kusubandio menjadi otak di belakang meriahnya Indonesia National Day di ajang World Expo 2020 Dubai. Foto/Laily Rachev-Biro Pers Setpres
A A A
JAKARTA - Indonesia National Day digelar di ajang World Expo 2020 Dubai , Uni Emirat Arab (UEA). Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendapuk Wishnutama Kusubandio sebagai Creative Director ajang yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo tersebut.

"Itu konsepnya budaya Indonesia, tapi tentunya kali ini kita kemas dengan banyak perpaduan teknologi, teknologi mapping, projection, dan lain sebagainya. Karena kita tahu kita nggak bisa kirim orang terlalu banyak di sini jadi total penari kita bawa ke sini 60 orang tapi dengan dibantu dengan teknologi dan sound mungkin bisa lebih meriahlah," papar Wishnutama di Paviliun Indonesia, Selasa (2/11/2021).



Wishnutama mengatakan, lokasi event sangat memungkinkan untuk memperkuat berbagai adegan yang dibuat di panggung. Dia berharap penampilan Indonesia National Day tersebut akan menarik. "Tentu ini dari berbagai macam tarian daerah kita coba kemas ada Bali, Papua dan lain sebagainya, tapi dengan kemasan agak berbeda. mengkombinasikan dengan teknologi," ujarnya.

Wishnutama mengatakan tugas ini memang sangat berat dengan waktu yang mepet. Namun, lanjutnya, Mendag meyakinkan dirinya bahwa Indonesia harus bisa memberikan yang lebih. "Sementara negara-negara lain teman-teman lihat sendirilah gimana mereka showing off banget bahwa negara 'gua sekeren ini'," ujarnya.

"Kebetulan saya mendapat tugas dari beliau untuk pamerin Indonesia sedikit. Menteri juga selalu supervisi berbagai macam isu-isu kreatif yang kami sampaikan dari A to Z beliau sangat," imbuhnya.

Pada acara tersebut lokasi Al Wasl Plaza memang sudah cantik dan kemegahannya pun tak terkira. Cahaya berwarna-warni yang berpendar dari dinding Al Wasl menambah gegap gempita bangunan berbentuk kubah itu. Apalagi, tepat magrib menjelang, azan berkumandang menggelegar dari seisi Al Wasl.

Lalu, paduan instrumen dan cahaya tumpah ruah dari puncak kubah. Keindahan Al Wasl kian menjadi pada Kamis (4/11) malam, waktu setempat. Pekikan membahana dari sudut-sudut Al Wasl. Ditingkahi lagi dengan pendaran lampu beraneka bentuk dan warna. Al Wasl kian cantik malam itu.

Sorak-sorai riuh terdengar. Dari berbagai sudut. Ketika Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) memasuki Al Wasl. Malam itu, tampilan Al Wasl memang tak biasa. Dandanannya kian cantik untuk Indonesia National Day yang disaksikan ribuan pasang mata tersebut.



Lalu, satu per satu suguhan budaya yang dikemas dalam tari-tarian dari berbagai belahan Indonesia memanjakan mata semua pengunjung yang hadir. Harmoni gerakan yang tercipta sungguh sedap dipandang mata sekaligus mengundang decak kagum tak terkira.

Seperti tak habis-habisnya membuat penasaran. Suara Lyodra Ginting turut membuat malam makin syahdu. Lantunan "Indonesia Pusaka" menggelegar persis dari pusat podium Al Wasl. Semua terhanyut, larut dalam sajian malam itu.

Permainan teknologi cahaya pada dinding Al Wasl dan gemuruh suara dengan pesan-pesan kuat menjadi suatu atraksi yang sungguh tak terlupakan. Pesannya kuat, jelas, Indonesia, dengan segala kekayaan budaya membuka diri dan mengajak semua yang hadir untuk lebih mengenal Indonesia sebagai surga pariwisata.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)