Kembangkan Pembangkit EBT Butuh Dukungan Dana, PLN Gandeng ADB

Jum'at, 19 November 2021 - 18:02 WIB
loading...
Kembangkan Pembangkit EBT Butuh Dukungan Dana, PLN Gandeng ADB
PLN sudah menjalin kerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) dalam hal pembiayaan murah untuk mengembangkan pembangkit EBT di masa depan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) sangat mendukung komitmen pemerintah untuk mencapai net zero emission pada 2060. Terkait hal tersebut, PLN sudah menjalin kerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) dalam hal pembiayaan murah untuk mengembangkan pembangkit EBT di masa depan.

"Kalau kita ingin early retirement PLTU , maka kita perlu dana murah, dan kami sudah bekerja sama dengan ADB untuk kemungkinan itu. Di samping itu juga kita akan membutuhkan dukungan terkait dengan tambahan subsidi apabila ada early retirement," ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11/2021).



Menurut dia, PLN juga sudah mampu menyuplai daya industri menggunakan EBT melalui produk Renewable Energy Certificate (REC). REC adalah salah satu inovasi produk hijau PLN untuk mempermudah pelanggan dalam pembelian serta mendapatkan pengakuan dari internasional atas penggunaan energi terbarukan yang sudah ada di Indonesia.

Melalui REC, PLN menghadirkan opsi pengadaan lain bagi pelanggan untuk pemenuhan target penggunaan energi terbarukan yang transparan dan diakui secara internasional. Sehingga pelanggan tidak perlu risau untuk bisa mengekspor hasil produksinya ke negara-negara tertentu yang sudah mensyaratkan hal ini.

"Saat ini telah tersedia Pembangkit dengan Energi Terbarukan PLN di seluruh Indonesia yang sudah beroperasi mencapai 7.936 MW. Ketersediaan EBT tersebut dapat diklaim sebagai energi yang digunakan untuk pemakaian listrik para pelanggan melalui produk terbaru PLN yaitu REC," jelasnya.



Sebagai informasi PLN akan mempensiunkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) secara bertahap hingga tahun 2055. Upaya tersebut merupakan langkah PLN dalam menuju carbon neutral di tahun 2060.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)