Bukan Sekadar Tempat Jual Beli, Pasar Rakyat Juga Bisa Jadi Ruang Kreatif dan Edukatif

Senin, 13 Desember 2021 - 14:24 WIB
loading...
A A A
Pasar rakyat yang menyediakan beragam kebutuhan, bisa menjadi ruang terbuka untuk menemukan ide kreatif. Bagi para pembeli pada umumnya, bisa menemukan masakan ataupun mencoba variasi menu baru. Sedangkan, untuk para pelaku UMKM, pasar dapat menjadi ruang untuk mendapatkan ide kreatif untuk menciptakan inovasi produk. Dari produk-produk yang dijual, pasar rakyat juga menjadi cerminan budaya lokal, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk mempelajari kekayaan suatu daerah dari barang yang dijual.

Misalnya beberapa produk yang terlihat di Fresh Market Bintaro, seperti kerajinan piring dengan bahan dari bambu, pakaian dengan model dan corak terbaru, serta aksesori yang terbuat dari kerajinan tangan. Sementara di Muara Karang, yang berada di kawasan pecinan, kental dengan beragam bahan makanan serta produk-produk kebutuhan sesuai budaya Tionghoa.

4. Ruang berkumpulnya beragam profesi

Pasar rakyat juga menjadi tempat berkumpulnya beragam profesi yang menawarkan jasa, seperti kuli angkut, jasa membawakan barang belanjaan, hingga semir sepatu, sudah biasa dijumpai di pasar rakyat.

Pada bagian luar pasar, transportasi umum juga akan berjejer terparkir di area sekitar jalan raya, seperti angkutan umum, bajaj sampai ojek online, menanti penumpang.

Di pasar Muara Karang, dapat terlihat dengan jelas, bagaimana para sopir bajaj bercengkrama di satu sudut pintu masuk sambil menunggu giliran antrean. Sedangkan ojek online terlihat lebih menyebar, menanti di tempat mereka merasa nyaman di sekitar pasar.

Dengan banyaknya kekayaan budaya yang ada di pasar rakyat, menjadi hal lumrah jika pasar bisa menjadi ruang terbuka untuk mempelajari budaya dan salah satu tujuan wisata yang unik.

5. Sarana menemukan hiburan

Saat berada di pasar rakyat, ternyata juga bisa menemukan berbagai hiburan. Pasalnya, pasar rakyat kerap dijadikan sebagai tempat untuk acara atau perlombaan. Seperti acara #FestivalPasarRakyat 2021 yang diselenggarakan Adira Finance yang didukung oleh Adira Finance Syariah, Titipku, RCTI+, Gerakan Pakai Masker, dan Zurich Syariah.

Kegiatan yang digelar di lima pasar Jabodetabek selama Desember ini, yakni Pasar Muara Karang Jakarta (1 Desember), Pasar Fresh Market Bintaro (2 Desember), Pasar Modern Sinpasa Bekasi (8 Desember), Pasar Grand Galaxy Bekasi (16 Desember), dan terakhir di Pasar Sukatani Depok (21 Desember) ini dinikmati secara terbuka oleh pengunjung pasar rakyat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)