Bruce Springsteen Jual Seluruh Album dan Hak Cipta Musiknya Rp7,15 T

Jum'at, 17 Desember 2021 - 13:21 WIB
loading...
Bruce Springsteen Jual Seluruh Album dan Hak Cipta Musiknya Rp7,15 T
Bruce Springsteen telah menjual master rekaman dan hak penerbitan untuk seluruh karya musik sepanjang hidupnya ke Sony dengan harga USD500 juta atau setara Rp7,15 Triliun dan diyakini merupakan yang terbesar. Foto/Dok
A A A
NEW JERSEY - Bruce Springsteen telah menjual master rekaman dan hak penerbitan untuk seluruh karya musik sepanjang hidupnya ke Sony dengan harga USD500 juta atau setara dengan Rp7,15 Triliun (Kurs Rp14.314/USD).

Kesepakatan itu memberi Sony kepemilikan 20 album studio Bruce Springsteen, termasuk karya klasik seperti Born To Run, The River dan Born In The USA, menurut beberapa laporan AS.

Pemenang Grammy 20 kali, musik Springsteen telah menghasilkan pendapatan sekitar USD15 juta pada tahun lalu. Kesepakatan yang dilakukan Bruce mengikuti penjualan serupa oleh Bob Dylan, Blondie dan David Bowie.



Warner Music membeli hak untuk musik Bowie pada bulan September, dan Dylan menjual katalognya lebih dari 600 lagu pada bulan Desember tahun lalu ke Universal Music Group dengan harga pembelian yang dilaporkan mencapai USD300 juta.

Kesepakatan itu memberikan keamanan finansial kepada para seniman. Sementara pemegang hak berharap mendapatkan keuntungan dengan membangun aliran pendapatan baru untuk musik mereka melalui lisensi film dan TV, merchandise, cover versions dan royalti performing.

Pada pertemuan dengan investor pada bulan Mei, Kepala Eksekutif Sony Music, Rob Stringer mengatakan, perusahaan telah menghabiskan USD1,4 miliar untuk akuisisi selama enam bulan terakhir.

Semua itu termasuk kesepakatan multi-jutaan dolar untuk mendapatkan hak atas katalog Paul Simon.

Sementara itu kesepakatan Springsteen akan menjadi yang paling mahal sejauh ini, jika angka-angka yang dilaporkan oleh industri musik Billboard benar.

Tidak ada pengumuman resmi ke publik yang dibuat tentang penjualan tersebut, dan perwakilan untuk Sony dan Springsteen belum menanggapi permintaan konfirmasi dari BBC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)