Kejar Wishlist 2022, Simak 4 Tips Agar Keuangan Tidak Boncos

Minggu, 26 Desember 2021 - 22:02 WIB
loading...
Kejar Wishlist 2022, Simak 4 Tips Agar Keuangan Tidak Boncos
Untuk mengontrol pengeluaran dan menghindari bocor-bocor halus, lakukan pencatatan keuangan secara rutin setiap bulan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jelang tahun baru , sebagian orang biasanya sudah punya daftar harapan atau keinginan alias wishlist sebagai resolusi untuk 2022 mendatang. Ganti handphone baru, beli mobil, punya rumah impian bisa saja ada di wishlist tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa wishlist dan resolusi tidak akan mudah dicapai jika kita tidak disiplin, termasuk dalam mengatur keuangan. Apalagi dengan banyaknya kebutuhan dan bocor halus yang bikin uang bulanan boncos. Nah, agar wishlist dan resolusi tersebut tidak sekedar menjadi daftar dan impian, simak 4 tips berikut ini:

1. Mencatat Keuangan

Untuk mengontrol pengeluaran dan menghindari bocor-bocor halus, lakukan pencatatan keuangan secara rutin setiap bulan. Saat ini dengan pesatnya perkembangan teknologi digital memungkinkan kita untuk melakukan pencatatan dengan mudah melalui berbagai aplikasi digital.

Contohnya di aplikasi Sribuu yang menyediakan fitur Automatic Financial Planning untuk mempermudah pencatatan keuangan. “Fitur ini akan mengintegrasikan seluruh produk finansial kamu seperti bank dan e-wallet untuk memberikan gambaran menyeluruh atas kondisi keuangan kamu,” kata CEO dan Co-Founder Sribuu Nadia Amalia, dikutip Minggu (26/12/2021).

Dia menambahkan, fitur lainnya adalah Financial Habit Analytics yang menganalisa kebiasaan pengeluaran pengguna Sribuu dan memberikan rekomendasi mengatur keuangan yang sudah terpersonalisasi.



2. Ingat Prinsip 50-30-20

Jangan lupa untuk menerapkan prinsip 50-30-20 yang dipopulerkan senator Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi, dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.

Intinya, kita harus membagi pendapatan dan mengalokasikannya 50% untuk belanja kebutuhan primer, 30% untuk kebutuhan sekunder seperti hal-hal yang kamu inginkan, 20% untuk tabungan dan investasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3703 seconds (0.1#10.140)