Ekspektasi Pasar ke Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II Minus 3-4%

Rabu, 10 Juni 2020 - 16:29 WIB
loading...
Ekspektasi Pasar ke Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II Minus 3-4%
Staf Khusus Menko Bidang Perekonomian, Reza Yamora Siregar melihat ekspektasi pasar untuk pertumbuhan ekonomi kuartal-II 2020 akan bergerak negatif 3 sampai 4 persen di kuartal II-2020. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Reza Yamora Siregar memprediksi, pertumbuhan ekonomi kuartal-II 2020 akan bergerak negatif. Hal tersebut disebabkan oleh penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama dua bulan belakangan ini.

"Saya melihat di pasar kayak ekspektasi pasar, dan lain-lain itu anywhere negatif 3 sampai 4 persen di kuartal II-2020," " kata Reza dalam diskusi secara virtual, Rabu (10/6/2020).

(Baca Juga: Ekonom: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II Tidak Bisa Dihindari Pasti Minus )

Reza mengatakan, angka tersebut sangat konsisten dengan berbagai pertimbangan serta kondisi yang terjadi di dalam negeri. Namun, dia berharap pemulihan bakal terjadi mulai di kuartal ke III dan IV tahun 2020.

"Jika recovery ekonomi kita jalan dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) juga berjalan dengan baik, maka hasil pertumbuhan ekonomi akan terlihat di kuartal ke III dan IV" terangnya.

Dia menambahkan, di kuartal III nanti pertumbuhan ekonomi tidak langsung mengalami positif. Menurutnya, pada kuartal itu pertumbuhan ekonomi masih dalam masa transisi dari negatif ke positif.

"Mudah-mudahan kita akan melihat positif di kuartal keempat, kuartal ketiga mudah-mudahan kita bisa, walaupun masih negatif. Namun sudah kecil negatifnya," jelas dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)