Pastikan Keamanan Lingkungan Kerja, Pupuk Kaltim Konsisten Terapkan LSR

Jum'at, 14 Januari 2022 - 20:32 WIB
loading...
A A A
Menurut Hanggara, PKT terus berupaya meningkatkan kesadaran seluruh pihak terkait di lingkungan perusahaan atas risiko kecelakaan kerja serta kepedulian terhadap keselamatan dari setiap aktivitas yang dijalankan.
Termasuk juga memastikan setiap orang yang berada di tempat kerja dan masyarakat sekitar perusahaan mendapatkan perlindungan atas berbagai potensi bahaya, maupun dampak yang ditimbulkan akibat tindakan yang tidak memenuhi syarat.

“Salah satunya setiap karyawan dan pihak lain yang akan melakukan pekerjaan di kawasan perusahaan, wajib memiliki izin kerja (work permit) sesuai prosedur yang berlaku. Work permit hanya boleh diterbitkan dan ditandatangani pejabat atau petugas yang memiliki kewenangan dan dibuktikan dengan Sertifikat Izin Kerja (SIK),” tuturnya.

Dia melanjutkan, bilamana terjadi pelanggaran, PKT akan memberlakukan sanksi sesuai aturan yang berlaku. “PKT terus mengedepankan aspek K3 dalam setiap proses guna menciptakan lingkungan kerja yang aman, sekaligus menginvestigasi pelanggaran terhadap LSR untuk memastikan pemberlakuan konsekuensi yang sesuai,” tegasnya.



Sementara itu, dalam menerapkan LSR di era 4.0 ini, PKT telah mengembangkan berbagai sistem digital K3 antara lain e-permit, we care, share online, safety rep online serta PKT sehat.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan Bulan K3 Nasional 2022, yakni Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi.

“PKT terus melakukan penguatan kapasitas SDM dalam pemanfaatan teknologi untuk mendukung kinerja yang mengacu pada aspek K3 secara konsisten,” ucapnya.

Dia menambahkan, pemanfaatan teknologi tak dimungkiri memiliki nilai risiko beragam dan kompleks. Hal ini perlu diantisipasi melalui implementasi K3 agar mampu menekan segala potensi risiko kecelakaan maupun penyakit akibat bekerja.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)