Minyak Goreng Langka, DPR Besok Gelar Rapat dengan Mendag

Minggu, 30 Januari 2022 - 22:47 WIB
loading...
Minyak Goreng Langka, DPR Besok Gelar Rapat dengan Mendag
Minyak goreng bersubsidi seharga Rp14.000 per liter sulit ditemui di ritel modern maupun pasar tradisional. Foto/SINDOnews/Inda Susanti
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI besok akan menggelar rapat dengan pemerintah guna membahas kelangkaan minyak goreng belakangan ini.

Komisi VI DPR berencana memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam forum rapat dengar pendapat (RDP) yang diagendakan Senin (31/1/2022).

"Besok Insha Allah ada RDP antara Komisi VI dengan Mendag," ujar Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKS Amin AK saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Minggu (30/1/2022).

Senada, Wakil Ketua Komisi VI DPR, Dedi Mulyadi juga membenarkan soal agenda tersebut. Dia mengaku rapat ini salah satunya akan membahas soal kelangkaan minyak goreng di pasar tradisional maupun ritel modern. "Kebetulan besok kami baru mau RDP dengan Kemendag untuk membicarakan masalah ini," ujar Dedi saat dihubungi wartawan.



Terpisah, Anggota Komisi VI DPR Fraksi Gerindra Andre Rosiade juga mengkonfirmasi ihwal pemanggilan Mendag terkait karut marut minyak goreng.

Seperti diketahui saat ini persediaan minyak goreng terutama yang berada di pasar ritel modern mengalami kelangkaan. Ini disebabkan oleh tingginya serapan minyak goreng di masyarakat, namun ketersediaan minyak goreng yang dimiliki pemerintah dengan harga murah cukup terbatas.

Bahkan, target pemerintah untuk mengumpulkan 200 juta liter minyak goreng per bulan dari produsen minyak setidaknya hanya terealisasi 10%. Sehingga pada bulan Januari pemerintah hanya berhasil mengumpulkan 20 juta liter minyak goreng.

Akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan DMO (Domestic Market Obligation) yang mewajibkan seluruh produsen minyak goreng untuk menyetorkan 20% produksinya untuk pasar dalam negeri.

Selain itu pemerintah juga mengeluarkan kebijakan DPO (Domestic Price Obligation), sehingga modal produksi minyak goreng menjadi lebih murah. Dengan kebijakan tersebut, diharapkan pasokan minyak goreng di dalam negeri lebih terjaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)