Profilnya Cocok dengan Kriteria Kepala Otorita IKN, Kang Emil: Tak Bisa Dihindari

Kamis, 03 Februari 2022 - 22:18 WIB
loading...
Profilnya Cocok dengan Kriteria Kepala Otorita IKN, Kang Emil: Tak Bisa Dihindari
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan pemanfaatan Alun-alun Majalengka yang telah selesai direvitalisasi, Rabu (21/4/2021). Foto/Pipin Sofian Sauri
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi terkait dirinya yang dikabarkan masuk bursa calon pemimpin atau kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Pria yang akrab disapa Kang Emil mengakui kabar tersebut tidak bisa dihindari.

Sebelumnya, presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat membeberkan ihwal kriteria calon Kepala Otorita IKN harus pernah memimpin daerah dan memiliki latar belakang arsitek.



Banyak yang berpandangan pernyataan mantan gubernur DKI Jakarta itu ditujukan kepada Ridwan Kamil yang memang seorang arsitek.

"Memang tidak bisa dihindari ya, kalau sudah dipersempit kriterianya, pasti akhirnya spesifikasi individu tertentu, termasuk saya. Kalau dulu kan nggak ada kriteria, sekarang ada," ujarnya saat ditemui di kawasan Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (3/2/2022).



Meski begitu, Kang Emil menyebut belum ada pembicaraan formal antara dirinya dengan presiden. Oleh karena itu, dia belum bisa memberikan informasi lebih jauh.

Pria kelahiran Bandung itu juga menyatakan akan mendukung siapa pun yang nantinya terpilih menjadi Kepala Otorita Nusantara, nama baru IKN. Dia menilai, langkah pemerintah pusat memindahkan ibu kota negara sebagai momen bersejarah dalam risalah NKRI.



"Terpenting siapa pun yang dipilih nanti, tetap kita dukung karena ini momen bersejarah akan membangun peradaban yang membanggakan. Nggak boleh gagal, harus berhasil," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)