8 Desa Terdampak Megaproyek Bendungan Bener Senilai Rp2 Triliun, Salah Satunya Wadas

Rabu, 09 Februari 2022 - 23:07 WIB
loading...
A A A
Pembangunan Bendungan Bener menjadi salah satu megaproyek yang menjadi perhatian bersama antara pemerintah pusat dan daerah, karena bendungan tersebut nantinya akan menjadi salah satu sumber air untuk memenuhi keperluan masyarakat Purworejo dan sekitarnya.



Bendungan irigasi ini akan mengairi sawah-sawah di wilayah tersebut. Tak hanya menyediakan air irigasi yang mampu mengairi 15.519 hektar, bendungan ini juga bisa memasok air baku untuk keperluan rumah tangga sebanyak 1.500 liter/detik.

Selain itu, keberadaan Bendungan Bener juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata, pembangkit listrik tenaga air (PLTA) 6 MW, pengendalian banjir, serta pengembangan perikanan.



Selain Bendungan Bener, Kementerian PUPR juga membangun enam bendungan lainnya di provinsi Jawa Tengah. Bendungan tersebut yakni Bendungan Logung di Kabupaten Kudus dan Gondang di Kabupaten Karanganyar yang telah rampung.

Selanjutnya Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Jragung di Kabupaten Demak, serta Bendungan Matenggeng di Kabupaten Cilacap.

Menteri PUPR Basuki Hadimoeldjono mengatakan, proses pembangunan bertujuan dalam rangka meningkatkan volume tampung air, irigasi dan mengendalikan debit air yang tinggi pada saat musim penghujan.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)