Homestay di Mandalika Laris Imbas MotoGP, SMF Siap Tambah Plafon Pembiayaan

Minggu, 20 Februari 2022 - 10:46 WIB
loading...
A A A
Dengan keterisian kamar yang penuh, tentu dampak ekonominya juga terasa bagi pengelola maupun masyarakat sekitar. “Pendapatan pemilik homestay di desa Kuta Mandalika meningkat sejak event World Superbike (WSBK) pada November 2021. Dampak yang sama dirasakan oleh pengelola Sarana Hunian Pariwiasta atau Sarhunta yang didirikan sebanyak 200 unit oleh Kementerian PUPR,” bebernya.

Melihat potensi perkembangan homestay di Kuta Mandalika, SMF menyatakan siap memberikan tambahan plafon pembiayaan. Namun, mengingat para pemilik homestay juga baru bangkit dan dalam masa pemulihan dari dampak pandemi, pihaknya masih akan memantau perkembangan yang ada di lapangan.

“Memang dari mereka sendiri melihat pengalaman mereka waktu pandemi ini. Jadi, waktu terima (pembiayaan) dari kami itu, tidak lama kemudian terjadi pandemi sehingga mereka mengalami kesulitan untuk membayar kembali,” tuturnya.

Kendati demikian, SMF terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pelaku pariwisata dan pengelola homestay di sana. “Harapannya tidak hanya di desa Kuta, tapi juga desa-desa lainnya di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, juga ke depan bisa mengikuti program pembiayaan homestay dari SMF,” pungkasnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)