Homestay di Mandalika Laris Imbas MotoGP, SMF Siap Tambah Plafon Pembiayaan

Minggu, 20 Februari 2022 - 10:46 WIB
loading...
Homestay di Mandalika Laris Imbas MotoGP, SMF Siap Tambah Plafon Pembiayaan
Salah satu homestay di NTB. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Ajang balap motor MotoGP 2022 yang akan digelar di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi berkah bagi para pemilik akomodasi homestay.

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF sebagai BUMN yang turut menyalurkan pembiayaan homestay di destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) tersebut berkomitmen terus mendukung pengembangan homestay sebagai sarana penunjang pariwisata.

Direktur Operasional dan Keuangan SMF Trisnadi Yulrisman pada Seminar Pariwisata Nasional bertema ‘Menjaga Momentum Pemulihan Pariwisata, Mengejar Target 280 Juta Wisnus di 2022” mengatakan, pembiayaan homestay dari SMF membidik lokasi di semua destinasi pariwisata baik DPSP, destinasi pariwisata prioritas, maupun destinasi wisata lainnya.



Adapun pembiayaan tersebut ditujukan untuk membangun homestay baru ataupun merenovasi. Salah satu DPSP yang telah mendapatkan pembiayaan homestay dari SMF adalah Mandalika di NTB, tepatnya di desa Kuta, Lombok Tengah.

Pada tahun 2019 lalu SMF telah menyalurkan dana sebesar Rp500 juta kepada 7 homestay di desa yang lokasinya tak jauh dari sirkuit Mandalika tersebut.

Menurut Trisnadi, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (monef), tingkat okupansi homestay di desa Kuta Mandalika pada Januari 2022 sudah full 100%.

Di mana, tamu menginap seluruhnya dari domestik, dengan mayoritas dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Mayoritas tamu merupakan pekerja sirkuit Mandalika.

“Di Kuta Mandalika, di sana tidak ada satupun homestay yang kosong. Penuh sekarang, kalau bukan oleh wisatawan ya oleh pekerja sirkuit,” ujarnya, dikutip Minggu (20/2/2022).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)