Pandemi Terkendali, Realisasi Pendapatan dan Belanja Negara di Sulsel Meningkat

Selasa, 05 April 2022 - 11:37 WIB
loading...
Pandemi Terkendali, Realisasi Pendapatan dan Belanja Negara di Sulsel Meningkat
Pelonggaran sejumlah aturan turut berdampak pada realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di Sulsel. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pelonggaran sejumlah aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah menyusul melandainya laju penularan Covid-19 turut berdampak pada realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara ( APBN ) di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) Sulsel, Ekka S Sukadana mengatakan, penurunan kasus Covid-19 dan capaian vaksinasi diharapkan semakin mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

“Kondisi penurunan dari penyebaran Covid-19 dan peningkatan vaksinasi ini bisa terlihat dari upaya pemerintah dalam pemaksimalan vaksinasi. Sehingga momentum pertumbuhan ekonomi tetap bisa kita pertahankan di tahun 2021 hingga 2022,” paparnya.



Menurut dia, peningkatan mobilisasi menjadi acuan peningkatan ke depan dan tentunya level pergerakan ini harus dijaga. Menurunnya kasus Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap Indeks Keyakinan Konsumen.

Lanjut Ekka, mobilisasi masyarakat sempat menurun, namun kembali naik dengan cepat sejalan dengan terkendalinya pandemi Covid-19, dan juga pergerakan di tempat kerja sempat mengalami menurun di akhir Februari namun kembali naik pada bulan Maret.

"Tentu kita harapkan kondisi ini semakin membaik sehingga pendapatan negara semakin membaik dan perekonomian kembali normal," imbuhnya.

Meski demikian, terdapat risiko global karena ancaman geopolitik dan perang yang terjadi saat ini antara Rusia dan Ukraina, di mana hal itu berpengaruh pada kenaikan harga pangan dan energi.

Hal ini mengakibatkan pada respons pengerakan kebijakan moneter yang berpengaruh pada volatilitas arus modal, nilai tukar dan sektor keuntungan sehingga melemahkan pemulihan ekonomi global.

Alhasil, normalisasi kebijakan moneter The Fed dan konflik Rusia Ukraina berdampak pada APBN melihat kenaikan komoditas serta kenaikan cost of fund.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)