Harga Minyak Mentah Dunia Terdongkrak Komitmen OPEC Pangkas Produksi

Jum'at, 19 Juni 2020 - 12:37 WIB
loading...
Harga Minyak Mentah Dunia Terdongkrak Komitmen OPEC Pangkas Produksi
Sentimen positif datang setelah produsen OPEC dan sekutunya berjanji untuk memenuhi komitmen terkait kebijakan pemangkasan produksi. Foto/Dok
A A A
MELBOURNE - Harga minyak mentah dunia terdongkrak lebih tinggi pada awal perdagangan, Jumat (19/6/2020) untuk menjaga tren keuntungan di sesi sebelumnya. Sentimen positif datang setelah produsen OPEC dan sekutunya berjanji untuk memenuhi komitmen terkait kebijakan pemangkasan produksi.

Seperti dilansir Reuters hari ini, harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) mencetak kenaikan 23 sen atau 0,6% untuk berada di level USD39,07 per barel. Sementara harga minyak Brent yang menjadi patokan Internasional juga menguat 18 sen yang setara dengan 0,4% menjadi USD41,69 per barel.

( )

Kedua kontrak tersebut terpantau telah meningkat sekitar 2% pada perdagangan, Kamis kemarin. Sementara itu dukungan dari rencana Irak dan Kazakhstan untuk mendukung pasar dengan memotong produksi mereka yang sempat meningkat di bulan Mei. Janji tersebut dilontarkan saat pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Dunia (OPEC) bersama dengan sekutunya atau yang disebut OPEC +.

"Pemotongan pasokan yang telah mereka (OPEC +) laksanakan dan dengan anggota lain seperti Irak mengatakan tetap kepatuhan terhadap Perjanjian pada bulan Mei dan Juni tidak memperketat pasar dalam jangka pendek," kata ahli strategi komoditas senior ANZ Daniel Hynes.

Ia juga menerangkan, ini bukan sinyal yang kuat dalam prospek jangka menengah di pasar. Di sisi teknis, ahli strategi pasar CMC Michael McCarthy menunjuk perlawanan yang kuat dalam kontrak WTI antara USD40 dan USD41.

Analis melihat tingkat itu sebagai titik di mana lebih banyak produsen AS akan menghidupkan kembali sumur. "Itu bertentangan melawan agresif perdagangan," kata McCarthy.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3234 seconds (0.1#10.140)