Ogah Genjot Produksi, OPEC Menampar Eropa di Tengah Rencana Embargo Minyak Rusia

Minggu, 08 Mei 2022 - 22:23 WIB
loading...
A A A
"Sebagian besar negara-negara ini memiliki kemampuan penyimpanan di darat yang luas, berarti bahwa beberapa juta barel dapat dinominasikan untuk ekspor dalam beberapa minggu," kata Louise Dickson, seorang analis dari konsultan energi Norwegia.

Ini menjadi kabar baik bagi Uni Eropa, apabila pasokan berjalan lancar. Sementara harga tinggi akan menjadi masalah yang sama sekali berbeda. Karena UE harus menyadari bahwa ini bukan tentang mengamankan pasokan alternatif, tetapi tentang melakukannya dengan harga yang relatif terjangkau.

Namun dalam situasi ini, Arab Saudi, Irak, Kuwait, dan UEA tidak memiliki motivasi untuk memberikan diskon. Sebaliknya, mereka memiliki motivasi untuk melakukan apa yang mereka lakukan yakni berpegang teguh pada peningkatan produksi dan menikmati kenaikan harga minyak karena pergerakan pasar cukup menantang untuk saat ini.

Ketika mereka mungkin menolak untuk membahasnya, dorongan sanksi Uni Eropa terhadap Rusia telah terbukti menjadi keuntungan bagi produsen OPEC. Telah terjadi keajaiban bagi harga minyak dan gas, terutama dengan banyak produsen OPEC secara teknis tidak dapat meningkatkan produksi mereka, memberikan dukungan tambahan untuk meningkatkan keuntungan produsen.



Kemungkinan hal-hal berubah selama enam bulan ke depan dengan asumsi suara bulat Uni Eropa untuk embargo diragukan bakal tercapai, hal ini bila melihat reaksi OPEC terhadap permohonan dari Inggris dan AS untuk lebih banyak minyak dari sebelum perang di Ukraina. Berbicara tentang AS, kemampuannya untuk mengisi kesenjangan minyak di Eropa juga diragukan.

Menurut Administrasi Informasi Energi AS, produksi minyak mentah di negara itu tahun ini hanya akan tumbuh sebesar 800.000 barel per hari. Mungkin AS dapat menggunakan cadangannya untuk mengirim beberapa minyak mentah ke sekutu Eropanya.

Tetapi AS sudah mengumumkan pelepasan 180 juta barel dari cadangan minyak strategis untuk menekan harga bahan bakar lokal. Di sisi lain Uni Eropa ingin memberikan dirinya enam bulan untuk menemukan pemasok alternatif minyak mentah sebelum menghentikan asupan barel Rusia.

Enam bulan yang sama juga dapat digunakan Rusia untuk mengalihkan lebih banyak minyaknya ke timur. Tanpa OPEC di pihaknya, Uni Eropa mungkin harus memberi warganya kabar buruk bahwa bensin, diesel dan segala sesuatu yang diangkut dengan kendaraan mesin pembakaran akan tetap mahal untuk waktu lebih lama dari yang diperkirakan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4248 seconds (0.1#10.140)