Sensasi Mudik Lebaran, Jor-joran THR hingga Kuras Tabungan

Senin, 09 Mei 2022 - 18:45 WIB
loading...
Sensasi Mudik Lebaran, Jor-joran THR hingga Kuras Tabungan
Pemudik menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (29/4/2022). FOTO/SINDOnews/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Setelah lama memendam rindu, masyarakat akhirnya diizinkan mudik Lebaran tahun ini. Jutaan manusia berbondong-bondong pulang kampung setelah dua tahun dilarang mudik terdampak pandemi.

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan mudik tahun ini menjadi kado terindah mendongkrak perekonomian . Setiap momen mudik Lebaran tingkat konsumsi masyarakat mengalami peningkatan.

Bahkan masyarakat rela menghabiskan Tunjangan Hari Raya (THR) hingga menguras tabungan untuk bisa pulang kampung hingga ajaln-jalan bersama keluarga.

"Saat mudik masyarakat cenderung jor-joran. Momen ini lebih kepada terdorong silaturahmi dan faktor sosial masyakarat," kata dia dalam acara IDX Channel, di Jakarta, Senin (9/5/2022).



Dia mengatakan roda ekonomi pada masa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri biasanya berputar lebih cepat. Berbeda dengan tahu lalu Covid-19 yang masih merebak diikuti aturan larangan mudik berujung pada perputaran ekonomi yang sedikit melambat.

Geliat ekonomi saat hari raya Idul Fitri salah satunya ditunjukkan dengan tingginya kebutuhan akan uang tunai yang mengalami peningkatan. Tingginya uang tunai yang beredar di masyarakat ini sejalan dengan besarnya aliran uang yang keluar dari Bank Indonesia ke perbankan dan masyarakat.



Untuk memenuhi kebutuhan serangkaian hari raya Idul Fitri, masyarakat berbondong-bondong mengambil uangnya dari perbankan, alih-alih menabung. Aktivitas ekonomi yang masif ini berdampak baik pada perekonomian.

"Tingkat konsumsi masyarakat tinggi setelah sebelumnya tidak boleh mudik," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4628 seconds (0.1#10.140)